Menuntut ilmu adalah sesuatu hal yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim. Sehingga banyak yang membahasnya pada hadist menuntut ilmu agar umat Muslim mengetahui keutamaan di dalamnya.

Menuntut ilmu dalam proses belajarnya bisa meningkatkan kualitas diri, di mana kualitas diri yang ada pada seseorang menjadikan cerminan agama. Seperti halnya Islam yang mempunyai orang-orang berilmu dalam segala pengetahuan.

Hadist Menuntut Ilmu Adalah Kewajiban Bagi Setiap Umat Muslim

Hukum Menuntut Ilmu

Sebagai umat Muslim, menuntut ilmu merupakan kewajiban, seperti yang tertera pada Al-Qur’an dalam suah Al-Mujadalah ayat 11 yang bunyinya:

“Ya ayyuhallazina amanu iza qila lakum tafassahu fil-majalisi fafsahu yafsaillahu lakum, wa iza qilansyuzu fansyuzu yarfa’illahullazina amanu mingkum wallazina utul-‘ilma darajat, wallahu bima ta’maluna khabir.”

Artinya: “Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: ‘Berlapang-lapang dalam majlis’, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: ‘Berdirilah kamu’, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Kumpulan Hadist Menuntut Ilmu

Karena pentingnya menuntut ilmu bagi setiap umat Muslim, maka perlunya mengetahui beberapa hadist yang membahas mengenai hal tersebut. Inilah kumpulan hadist tentang menuntut ilmu bagi umat Muslim:

Kewajiban Setiap Orang untuk Menuntut Ilmu

Pada hadist pertama diriwayatkan oleh Ibnu Majah yang bunyinya: “Thalabul ‘ilmi faridhatun ‘ala kulli muslim”.

Yang artinya: “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim”.

Penjelasan dalam hadist ini mengenai menuntut ilmu yakni kegiatan yang bersifat wajib, selain itu tidak ada batasan status ataupun kelamin.

Pemberian Rahmat dan Berkah Bagi yang Menuntut Ilmu

Dalam hadist kedua ini diriwayatkan oleh Turmudzi: “Man kharaja fii thalabul ‘ilmi fahuwa fii sabiilillahi hatta yarji’a.”

Artinya: “Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu, maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang.”

Menuntut Merupakan Amalan Kekal

Rasulullah SAW bersabda bahwasannya salah satu amalan yang nantinya akan dibawa hingga mati yakni ilmu. Ketika kita mempunyai ilmu, maka akan bermanfaat bagi orang banyak, sehingga pahala yang mengalir tanpa henti untuknya.

Menurut HR. Muslim, jika seseorang tersebut mati, maka akan terputuslah darinya semua amalan kecuali 3 hal yakni sedekah jariyah, ilmu bermanfaat dan anak sholeh.

Hadist Menuntut Ilmu : Semakin Berilmu Semakin Rendah Hati

Terdapat pepatah yang bunyinya “Tuntutlah ilmu seperti ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk.” Pepatah itu benar seperti halnya yang sudah diriwayatkan oleh At-Tabrani, bermakna: “Belajarlah kalian untuk ketentraman dan ketenangan serta rendah hatilah pada orang yang kamu belajar darinya.”

Sombong merupakan salah satu sifat yang sangat dibenci oleh Allah. Maka dari itu, ketika seseorang makin berilmu akan semakin rendah hati.

Keutamaan Dalam Menuntut Ilmu

Kewajiban dalam menuntut ilmu karena tentu mempunyai manfaat barokah. Berikut inilah keutamaan seseorang dalam menuntut ilmu:

Ilmu merupakan kekhususan, ilmu yakni sebuah keistimewaan yang Allah SWT berikan khusus bagi manusia. Selain ilmu yang telah diberikan kepada manusia, hewan pun juga mempunyai kesamaan dengan manusia.

Ilmu bisa mengantarkan untuk menuju pada ketaqwaan dan kewajiban. Karena ketaqwaan bisa mendapatkan kemuliaan dari Allah serta kebahagiaan abadi.

Baca Juga : Hadits Tentang Menuntut Ilmu

Demikianlah penjabaran mengenai hadist menuntut ilmu yang menjadi kewajiban bagi seorang Muslim. Menuntut ilmu merupakan salah satu amalan yang tidak terputus setelah mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *