Dzikir merupakan hal yang sering dilakukan oleh setiap orang muslim. Hal ini dikarenakan anjuran agama islam. Berdzikir bisa di mana dan kapan saja. Berdzikir pun tidak memerlukan biaya tambahan. Namun banyak orang yang meninggalkan perintah untuk berdzikir. Tak jarang sebagian orang dikarenakan repot dengan aktivitas kegiatan lain seperti kerja, berbelanja maupun lainnya. Kegiatan yang padat pun menjadikan waktu berdzikir anda berkurang. Dzikir ini bisa dilakukan setelah Doa-doa setelah sholat dilantunkan.

Dzikir dan Doa-doa Setelah Sholat

Bacaan dzikir tidak terbatas jumlahnya, hal ini dikarenakan semua bacaan tasbih, tahmid, dan lain-lain pun bisa digunakan untuk berdzikir. Rasulluah melakukan amalan yaitu dengan berdzikir setelah melaksanakan sholat fardhu maupun sunah. Dala kata lain adalah Rasulluah telah mengajarkan kepada kita sebagai umat hendaknya meneru segala ucapan maupun perilaku yang telah dilakukan oleh Rasul. Hendaknya anda berdzikir agar diberikan kemudahan dalam menjalani hidup dan segala rintangan yang diberikan oleh Allah SWT. 

Dalam melaksanakan perintahnya pasti mengalami kendala, diantaranya adalah waktu. Di zaman modern ini kita semua disibukkan dengan aktivitas lainnya terutama pekerjaan. Banyak yang mengabaikan perintah-Nya dikarenakan sibuk mencari dunia. Kebutuhan di dunia terlalu dikejar dan lupa akan kebutuhan akhirat. Berdzikir adalah salah satu sunah yang bisa kita lakukan tanpa bantuan dan usaha orang lain. Karena berdzikir adalah suatu hal yang murni dari diri dan hati kita sendiri.

Bacaan Dzikir Setelah Sholat

Sekian banyak orang yang hidup di dunia, setiap tahun jumlahnya bertambah. Apalagi kita hidup di negera yang mayoritas adalah kaum muslim. Namun apakah semua orang muslim yang hidup bersama kita melakukan dzikir setiap usai melaksakan sholat?. Doa-doa setelah sholat sangat beraneka ragam dan mudah dilaksakan. Berdzikir setelah sholat adalah kebiasaan nabi. Kita semua sebagia orang muslim telah diajarkan hal tersebut, hendaknya kita meneladani dan mempraktikkan perilaku nabi.

Bacaan dzikir yang sering dilakukan setelah sholat adalah tasbih, tahmid, istigfar. Bacaan tersebut begitu pendek namun makna yang terkandung di dalamnya sengatlah mendalam. Tentunya kita tidak asing lagi dengan bacaan-bacaan dzikir tersebut. Bacaan tersebut masuk ke dalam bacaan sholat. Maka jangan heran kalau bacaan tersebut mudah di hafal. Kita semua hanya memerlukan waktu untuk berdzikir. Meski tidak dilakukan setelah sholat, kita semua dapat berdzikir di mana pun tempatnya. Misalnya pun dalam kondisi istirahat, perjalanan, atau dalam melakukan pekerjaan.

Tak usah membebani diri dengan dzikir terlalu banyak bagi orang yang mengawali. Biasanya orang yang ingin memulai dzikir merasa terbebani. Cukup dengan membaca istighfar sebanyak tiga kali, tasbih dan tahmid, doa keselamatan dunia dan akhirat, ayat kursi, anda telah menjalani perintah Allah SWT.

Keutamaan Berdzikir

Selain mendapatkan ketenagan jiwa maupun hati, kita dapat merasakaan manfaat dzikir dalam menjalani hidup sehari-hari. Orang yang sering melakukan dzikir hidupnya akan diberi kemudahan. Ketika sering memanjatkan doa pun, orang-orang disekitar kita akan merasakan manfaatnya. Dekat dengan orang-orang yang beriman adalah perintah Allah. Maka dari itu, ketika kita melakukan Doa-doa setelah sholat manfaatnya bukan untuk diri kita sendiri, melainkan orang yang berada di sekitar kita.

Menjauhi larang dan menjalankan perintah adalah suatu hal yang diwajibkan bagi kaum muslim. Hendaknya kita sebagai umat nabi Muhammad SAW pun melaksanakan hal itu. Berdzikir setelah sholat adalah salah satu hal dari menjalankan perintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *