Seperti yang diketahui bahwa sholat merupakan rukun Islam yang kedua yang wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim. 

Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “Peliharalah segala sholat(mu), dan (peliharalah) sholat lima waktu. Berdirilah untuk Allah (dalam sholatmu) dengan khusyu.” (QS. Al-Baqarah : 238). 

Dalam surat lain, Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “Padahal mereka tidak disuruh kecuali suipaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan sholat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (QS. Al-Bayyinah : 5). 

Selain di dalam Al-Quran, ada beberapa hadits yang menerangkan tentang sholat. Berikut hadits tentang sholat :

  1. Sholat Amalan Yang Paling Disukai Allah

Telah menceritakan kepada kami Yunus, telah menceritakan kepada kami Lais, dari Abdullah ibnu Umar Ibnu Hafs Ibnu Asim, dari Al-Qasim ibnu Ganam, dari neneknya (yakni ibu ayahnya yang bernama Ad-Dunia), dari neneknya (yakni Ummu Farwah). Ummu Farwah termasuk salah seorang sahabat wanita yang ikut berbaiat kepada Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam. Bahwa ia pernah mendengar Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam menyebut tentang bagaimana amal perbuatan. Beliau shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ”Sesungguhnya amal perbuatan yang paling disukai Allah ialah mennyegerakan sholat pada awal waktunya.

  1. Sholat Amalan Wajib

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu bahwa ketika Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam mengutus Muadz radhiyallahu ‘anhu ke negri Yaman, Beliau berkata: “Ajaklah mereka kepada syhadah (persaksian) tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah dan bahwa aku adalah utusan Allah. Jika mereka telah mentaatinya, maka beritahukanlah bahwa Allah mewajibkan atas mereka sholat lima waktu sehari semalam. Dan jika mereka telah mentaatinya, maka beritahukanlah bahwa Allah telah mewajibkan atas mereka shadaqoh (zakat) dari harta mereka yang diambil dari orang-orang kaya mereka dan diberikan kepada orang-orang faqir mereka.” (HR. Bukhari no. 1395 Fathul Bari, Shahih). 

  1. Sholat Sebagai Penggugur Dosa

Dan bila ia berdiri dan sholat lalu memuji Allah serta menyanjung-Nya dan juga memujinya dengan sesuatu yang memang Dialah yang berhak atasnya lalu mengkhusyukkan hatinya semata-mata hanya untuk Allah, maka niscaya ia akan berlepas diri dari dosa-dosanya sebagaimana hari ia dilahirkan oleh ibunya.” (HR. Muslim no. 832 Versi Syarh Muslim, Shahih).  

  1. Sholat Pemisah Dengan Kekufuruan

Artinya : “Dari Ibnu Juraji dia berkata, telah mengabarkan kepadaku Abu az-Zubair bahwa dia mendengar Jabir bin Abdullah berkata, “Saya mendengar Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ”Yang memisahkan antara seorang laki-laki dengan kesyirikan dan kekufuran adalah meninggalkan sholat.” (HR. Muslim no. 82 Syrah Shahih Muslim).

  1. Sholat Amal Yang Paling Utama

Aku pernah bertanya kepada Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam, ‘Amal apakah yang paling utama?” Ia menjawab, “Mengerjakan sholat pada waktunya.” Aku berkata lagi, ‘Kemudian apa lagi?’ Neliau menjawab, “Berjihad di jalan Allah” Aku bertanya lagi, ‘lalu apa lagi?’, Beliau menjawab, “Berbakti kepada kedua orang tua” Ibnu Mas’ud mengatakan, ‘Semua itu diceritakan oleh Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam kepadaku. Seandainya aku meminta keterangan yang lebih lanjut, niscaya beliau akan menambahkannya.’

Demikianlah tulisan kali ini tentang hadits tentang sholat. Semoga dengan mengetahui keutamaan sholat sehingga kita lebih bersemangat lagi untuk melaksanakan sholat, baik wajib maupun yang sunnah.