5 Curug Di Bogor Ini Akan Menyegarkan Liburanmu

Bogor tidak hanya terkenal dengan kulinernya saja, namun juga terkenal dengan air terjunnya atau dalam Bahasa Sundanya disebut curug. Ada banyak sekali curug di Bogor, mulai dari yang berukuran kecil hingga yang sedang. Kamu juga bisa mengunjunginya sembari menikmati trekking ditengah alam, karena sebagian besar masih tersembunyi dengan akses yang cukup sulit. 

Dan jika kamu ingin mengunjungi berbagai curug atau air terjun di Bogor, kamu tidak usah khawatir akan nyasar karena sekarang sudah semakin banyak paket tour ke curug di Bogor yang akan memudahkanmu mengunjungi tempat – tempat wisata alam ini. Selain ada pemandu, biasanya perizinannya juga sudah diurus, jadi kamu tinggal jalan saja. 

Berikut dibawah ini rekomendasi 5 curug di Bogor yang akan menyegarkan liburanmu : 

  1. Curug Cilember

Curug Cilember bisa dibilang sebagai salah satu wisata Bogor yang cocok untuk dikunjungi oleh keluarga sekalipun karena telah dikembangkan dengan baik, dengan menyediakan berbagai fasilitas wisata. Bahkan kamu bisa belajar menembak atau naik zipline bike yang menantang disini. 


Kamu bisa melihat pemandangan yang sangat keren jika seandainya datang di waktu debit air tinggi, karena pemandangan air terjun disini akan makin indah. Selain curug utama, ada juga 7 curug lainnya yang berada di kawasan wisata Curug Cilember ini. Jadi dalam satu trip, kamu bisa melihat lebih dari satu air terjun sekaligus. 


  1. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo merupakan salah satu wisata Bogor yang paling populer. Curug yang memiliki aliran air cukup deras dengan kolam berwarna biru kehijauan ini memang tampak indah meski ukurannya tidak terlalu besar. 


Tidak heran jika curug ini populer dikalangan wisatawan. Apalagi, lokasinya tidak jauh dari area wisata alam lainnya di sekitar Gunung Pancar, Sentul. Jadi disini, kamu bisa mengunjungi beberapa spot sekaligus. 


  1. Curug Ciburial

Yang membuat Curug Ciburial ini unik adalah memiliki dua aliran yang hanya terpaut beberapa meter saja. Dimana satu alirannya terlihat seperti perosotan dengan arus yang lebih kecil, dan satunya lagi arusnya lebih kecil. 


Namun jika cermat, kamu bisa ambil foto dari dua angle yang berbeda sekaligus disini. Jadi, seolah – olah kamu sedang mengunjungi dua tempat yang berbeda. 


  1. Curug Putri Kencana

Curug Putri Kencana terletak di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, tidak jauh dari kawasan Sentul. Curug yang satu ini memang menarik untuk dikunjungi karena memiliki debit air yang tinggi dan area kolam yang cukup dalam dengan airnya yang berwarna hijau toska di waktu – waktu tertentu. 


Apalagi, wisata Bogor ini juga relatif mudah dikunjungi karena tidak jauh dari JungleLand dan banyak papan arah yang mengarahkan kesana. Jalan dari area pembelian tiket masuk juga tidak terlalu jauh, hanya 500 meter saja. 


  1. Curug Cinta

Lokasi Curug Cinta ini tidak jauh dari Curug Putri Kencana. Wisata Bogor yang satu ini pernah viral karena aliran airnya yang mengarah ke curug melewati patahan tebing yang berkelok – kelok, membuatnya seolah – olah seperti di luar negeri. 


Namun, untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, pastikan kamu datang kesini dimusim kemarau. Karena, jika dimusim hujan, aliran airnya sangat deras dan warna airnya menjadi keruh. 

Curugnya memang tidak terlalu besar, namun cukup unik karena aliran airnya yang terbelah sebuah batu besar ditengah, sehingga seolah – olah membentuk simbol cinta.