Contoh Teks Eksplanasi

Apa itu teks eksplanasi? Teks eksplanasi adalah jenis teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu proses alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, politik, dan juga lainnya dapat terjadi. 

Setiap peristiwa baik peristiwa alam maupun sosial yang terjadi di sekitar kita, tentunya selalu memiliki keterkaitan sebab akibat dan proses. 

Bukan hanya mengamati dan merasakan saja, tetapi kita juga harus bisa mengambil pelajaran dari peristiwa tersebut. Hal ini bertujuan agar mengetahui mengapa peristiwa ini bisa terjadi. Dengan demikian, fungsi teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan peristiwa atau fenomena yang sedang terjadi dan menjelaskan sebab akibatnya. 

Ada tiga struktur penting yang harus diperhatikan saat menyusun teks eksplanasi, yakni pernyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi. 

Contoh Teks Eksplanasi

Pemanasan Global

Pernyataan Umum

Pemanasan global merupakan suatu fenomena global yang dipicu oleh aktivitas manusia yang berhubungan dengan penggunaan bahan bakar fosil serta kegiatan alih guna lahan, seperti merubah hutan menjadi perkebunan dan lahan pertanian. 

Lalu kegiatan tersebut menghasilkan gas-gas yang semakin lama semakin banyak jumlahnya di atmosfer, seperti gas karbondioksida (CO2) melalui proses yang disebut dengan dengan efek rumah kaca. 

Efek rumah kaca atau dengan istilah kerennya greenhouse effect merupakan istilah yang sering muncul dan erat kaitannya dengan pemanasan global. 

Disebut dengan efek rumah kaca karena adanya peningkatkan suhu bumi akibat dari suhu panas yang terjebak di dalam atmosfer bumi. 

Dengan begitu, prosesnya hampir mirip dengan rumah kaca yang berfungsi untuk menjaga kehangatan atau suhu tanaman di dalamnya. 

Urutan Sebab Akibat

Salah satu faktor penyebab pemanasan global adalah adanya efek umpan balik. Umpan balik disini contohnya adalah penguapan air. 

Selain menghasilkan karbondioksida, proses pemasan global juga akan menghasilkan uap air. Jadi, semakin banyak pemanasan yang terjadi akibat efek rumah kaca karbondioksida, maka akan semakin melimpah juga uap air yang membumbung ke atmosfer. 

Bukan hanya itu, pemanasan global juga bisa disebabkan oleh variasi matahari. Variasi matahari adalah perubahan jumlah energi radiasi yang dilepaskan matahari. Variasi matahari ini dipengaruhi oleh siklus matahari 11-tahunan (siklus bintik merah) selain fluktuasi-fluktuasi lainnya yang tidak periodik.  

Adanya variasi matahari ini diduga disebabkan oleh umpan balik dari awan yang memberikan andil dalam pemanasan saat ini. 

Ada sejumlah dampak pemanasan global yang sedang terjadi saat ini, antara lain :

  1. Semakin Sering Terjadinya Banjir

Ketika iklim berubah maka akan menyebabkan frekuensi banjir yang semakin meningkat. Selain itu, banjir tersebut juga biasanya akan disertai dengan kondisi cuaca yang ekstrim seperti badai siklon dan melanda dalam waktu singkat. Tentunya kondisi ini akan menyebabkan kerugian yang besar bagi seluruh masyarakat yang terdampak banjir. 

  1. Kondisi Kesehatan Tubuh Menurun

Global warming yang disebabkan oleh polusi juga akan berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh anda. Semakin sering anda menghirup udara yang tidak sehat, maka kondisi tubuh anda pun akan menurun. Maka dari itu, hindarilah berpergian tanpa menggunakan masker guna menjaga kondisi kesehatan tubuh anda. 

Interpretasi

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meminimalisir dampak pemanasan global, di antaranya : Konservasi lingkungan seperti melakukan reboisasi, penanaman pohon dan penghijauan lahan kritis, menggunakan energi yang bersumber dari energi alternatif (energi air, matahari, angin, bioenergy) untuk mengurangi penggunaan energi bahan bakar fosil (minyak bumi dan batu bara), daur ulang dan efesiensi energi, upaya pendidikan kepada masyarakat luas dengan memberikan pemahaman serta penerapan guna mencegah terjadinya pemanasan global.  

Baca Juga : Teks Eksplanasi