makanan-khas-lampung
Keripik Pisang Coklat

blogtimmy.com – Ada banyak macam makanan khas yang bisa anda cicipi di Lampung. Jika anda belum sempat memakan semuanya, maka cobalah beberapa. Lampung memiliki banyak makanan khas yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Rasanya tidak kalah sedap dengan makanan yang langsung dimakan di tempat. Dan inilah daftar makanan khas Lampung yang bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh.


1. Keripik Pisang

Salah satu makanan khas Lampung yang biasa dijadikan oleh-oleh adalah keripik pisang. Keripik pisang khas Lampung sangat beranekaragam. Varian rasanya bermacam-macam. Mulai dari varian original hingga rasa coklat bisa anda temukan. Selain itu, harganya pun tidak mahal. Camilan satu ini tidak hanya ramah rasa, tetapi juga ramah harga. Rasanya tentu gurih dan manis.


2. Kemplang

Makanan khas dari Lampung yang biasa dijadikan oleh-oleh favorit lainnya adalah kemplang. Ketika mengunjungi pulau Sumatra, tidak jarang orang membawa kemplang. Nah, kemplang yang khas dengan rasa lezatnya biasa didapatkan di Lampung. Tidak lengkap rasanya jika anda tidak mencicipi makanan khas Lampung ini ketika singgah di kota Lampung. Camilan ini bisa anda makan di dalam perjalanan, atau dijadikan oleh-oleh favorit untuk keluarga di rumah. Makanan ringan yang berbahan dasar ikan ini memiliki cita rasa gurih yang khas. Rasa kemplang dari Lampung pun berbeda daripada daerah lainnya. Makanan ini sehat karena tidak digoreng, tetapi dipanggang. Selain biasa dijadikan camilan, kemplang juga bisa anda jadikan lauk makan.


3. Geguduh

Lampung adalah wilayah di Indonesia yang terkenal dengan hasil perkebunan pisangnya. Maka tidak mengherankan jika banyak olahan buah pisang ketika melewati Lampung. Selain keripik pisang, ada juga olahan pisang lainnya berupa geguduh. Makanan ini memiliki rasa manis. Kue ini biasanya disajikan untuk para tamu, santapan pribadi dan keluarga. Bahan utama geguduh adalah pisang, tepung terigu, susu dan selai. Adapun jenis pisang yang paling banyak dipilih adalah pisang kepok.


Baca Juga: 6 Rekomendasi Makanan Khas China Yang Populer Dan Terkenal Lezat


4. Panggang Lampung

Meskipun bukan makanan ringan, panggang Lampung menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh dari Lampung. Pasalnya ini adalah makanan yang diolah dengan cara diasap atau dipanggang. Sehingga makanan ini akan awet ketika dibawa pulang. Adapun panggang Lampung adalah ikan yang diasapi di atas bara api.


5. Keripik Nangka

Selain keripik pisang, Lampung juga memiliki keripik nangka yang lezat. Makanan ringan ini biasa dijadikan sebagai oleh-oleh. Rasanya enak dan gurih. Banyak orang merasa ketagihan ketika memakan keripik nangka. Ini adalah makanan ringan yang cocok disantap ketika perjalanan. Tanpa terasa, keripik nangka yang anda pegang sudah habis tanpa tersisa.


6. Kue Lapis Legit

Lampung pun memiliki kue lapis khasnya tersendiri. Kue lapis legit asal Lampung memiliki rasa yang khas dan nikmat. Meskipun ini adalah sajian khas di hari lebaran, anda tetap bisa menemukannya di hari-hari biasa. Sebutan lain makanan khas Lampung ini adalah spekkoek. Bumbunya yang sangat harum menjadi ciri khas utama dari kue lapis legit.


7. Emping Rajabasa

Emping Rajabasa adalah kerupuk dari Lampung yang terbuat dari melinjo. Cara pengolahannya digoreng hingga kering. Ini adalah makanan gurih dan renyah yang cocok untuk dijadikan camilan. Sebagai teman makanan berkuah, emping rajabasa pun sangat cocok.


Itulah 7 makanan khas dari Lampung yang bisa anda bawa sebagai oleh-oleh di rumah. Tidak hanya makanan ringan, beberapa olahan makanan berat khas Lampung tersebut pun ada yang bisa dijadikan oleh-oleh. Rasanya dijamin enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *