makanan-khas-lombok-enak


blogtimmy.com – Pulau Lombok pernah dinobatkan sebagai tempat wisata halal terbaik serta tempat wisata halal bulan madu terbaik dalam ajang Internasional World Halal Travel Award 2015. Sebagai tempat wisata halal terbaik, tentunya kamu juga tidak boleh lupa untuk mencicipi makanan khas Lombok ketika berkunjung ke pulau tersebut.

Jika kamu belum tahu makanan khas Lombok, maka berikut dibawah ini ada rekomendasi makanan khas Lombok enak dan menggugah selera, diantaranya yaitu :

1. Sate Bulayak

Mungkin nama makanan khas Lombok ini kurang familiar bagimu. Namun, sate bulayak ini hampir mirip dengan sate Madura pada umumnya. Perbedaannya hanya pada lontong yang disajikannya. 
Keunikan sate Bulayak karena lontongnya yang dibungkus daun aren dengan bentuk spiral. Cara membukanya juga unik, kamu harus mengikuti ulir daun arennya. Sate Bulayak menggunakan daging sapi yang telah dipadukan dengan sambal khas suku sasak. Kearifan lokal makanan khas Lombok ini dimakan dengan cara tanpa menggunakan sendok atau garpu. Jadi, pastikan kamu sudah mencuci tangan sebelum memakannya. 

2. Sate Tanjung

Sate Tanjung merupakan makanan khas Lombok yang menggunakan bahan dasar ikan cakalang. Biasanya sate tanjung dinikmati selagi masih panas dengan didampingi nasi atau lontong. Kedua pendamping tersebut sama sama memberikan kenikmatan tersendiri dalam menikmati sate ikan cakalang khas Lombok ini. 
Rasa gurihnya berasal dari santan dan beberapa rempah khas Lombok. Yang paling unik dan khas tentunya sate tanjung di pasar Tanjung. Makanan khas Lombok ini wajib kamu coba karena akan sulit mendapatkannya di ibukota. 

3. Poteng Jaje Tujak Dan Iwel 

Makanan khas Lombok yang satu ini memang hanya muncul ketika lebaran saja. Jadi, rasanya cukup sulit menemukan Poteng Jaje Tujak dan Iwel diluar masa lebaran. Namun, sebenarnya makanan khas ini cukup familiar. 
Poteng merupakan tape ketan dan jaje tujak atau tetel, mungkin lebih familiar dikenal dengan sebutan gemblong. Poteng Jaje Tujak ini diolah dengan cara mencampurkan daun suji dan pandan. Makanan khas Lombok ini termasuk langka karena hanya tersaji di hari raya saja. 


Baca Juga : 7 Makanan Khas Lampung Favorit Dijadikan Oleh-Oleh

4. Ayam Pelalah

Ayam Pelalah merupakan makanan khas Lombok yang menggunakan bahan dasar ayam suwir yang dibakar untuk kemudian disajikan bersama dua macam bumbu, yaitu bumbu rendaman juga sambal. 
Biasanya Ayam Pelalah dimakan tanpa nasi ataupun bisa dengan nasi, tergantung pada selera masing masing orang. Biasanya bumbu rendaman atau marinade pada makanan khas Lombok ini terbuat dari campuran bawang merah, bawang putih, cabai rawit, kemiri, lengkuas, kunyit, gula merah, dan garam. 
Sedangkan untuk saus atau sambal ayamnya terbuat dari tomat, terasi, cabai merah, cabai rawit, garam, gula pasir, bawang merah, bawang putih, dan perasan jeruk nipis. 

5. Nasi Puyung

Nasi Puyung merupakan hidangan utama kelas wahid yang paling nikmat disantap untuk mengisi perut yang lapar. Nasi Puyung begitu familiar di Nusa Tenggar Barat, terbukti dari setiap penduduknya yang mengenal makanan khas Lombok ini. 
Biasanya Nasi Puyung disajikan dengan alas daun pisang. Keistimewaan makanan khas Lombok ini terletak pada lauk pauknya yang beragam seperti sambal, kedelai goreng, dan suwiran daging ayam yang ditambah taburan kelapa parut. Nasi Puyung memiliki cita rasa yang sangat pedas. Saking pedasnya, bahkan ada yang menyerah untuk melanjutkan makannya hingga habis.


Nah, Ulasan terkait makanan khas lombok enak diatas sudah pas belum? yuk siapin bujet untuk nyobain semua makanan tersebut.