sumber : Suara Joglo

Semarang, ibu kota provinsi Jawa Tengah, tidak hanya dikenal dengan keindahan sejarahnya, tetapi juga dengan kelezatan oleh-oleh khasnya. Bagi para pelancong yang ingin membawa pulang potongan kecil dari kota ini, berikut adalah beberapa oleh-oleh khas Semarang yang pasti akan menggoda lidah Anda.

1. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang adalah oleh-oleh yang paling ikonik dari kota ini. Terbuat dari kulit lumpia yang tipis dan diisi dengan rebung, ayam, telur, dan udang, lumpia ini kemudian digoreng hingga kecokelatan. Rasanya yang gurih dan renyah menjadikannya favorit banyak orang.

2. Bandeng Presto

Bandeng presto adalah oleh-oleh yang cocok untuk pecinta ikan. Bandeng diasinkan dan dikukus secara presto hingga dagingnya lunak dan mudah dipisahkan dari tulang. Rasa asin dan lembut membuatnya cocok sebagai oleh-oleh atau hidangan utama.

sumber : Humas Jateng

3. Tahu Pong

Tahu pong adalah camilan yang terbuat dari tahu yang digoreng dan diisi dengan campuran daging cincang dan sayuran. Bentuknya yang bulat dan rasanya yang lezat membuatnya menjadi oleh-oleh yang populer di Semarang.

4. Getuk Lindri

Getuk Lindri adalah makanan khas Jawa Tengah yang juga banyak ditemui di Semarang. Terbuat dari ketan yang digiling dan dicampur dengan kelapa parut, getuk lindri dihiasi dengan warna-warna cerah alami seperti hijau dan merah.

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Oleh-Oleh Kuliner Khas Jogja yang Awet

5. Tahu Baso

Tahu baso adalah hidangan yang unik dan lezat. Komponen utama dari tahu baso Semarang adalah tahu. Tahu yang digunakan biasanya adalah tahu putih yang lembut di bagian dalam dan digoreng hingga kecokelatan di bagian luar. Tahu ini memberikan tekstur yang kenyal dan renyah ketika digigit.

sumber : Kompas

6. Kue Bluder

Kue bluder adalah kue tradisional Semarang yang terkenal dengan teksturnya yang ringan dan renyah. Biasanya dibuat dengan campuran tepung terigu, mentega, dan gula, kue ini hadir dalam berbagai varian rasa.

7. Klepon

Klepon adalah kue tradisional Indonesia yang juga sangat populer di Semarang. Terbuat dari ketan dan diisi dengan kelapa parut dan gula kelapa, klepon biasanya berwarna hijau karena pewarna alami daun suji.

8. Bongko Mentoko

sumber : Tribun

Bongko mentoko adalah oleh-oleh khas Semarang yang terbuat dari campuran tepung ketan dan kelapa yang dibentuk mirip mangkok. Biasanya diisi dengan gula merah, bongko mentoko memiliki cita rasa yang manis dan kenyal.

Dengan berbagai pilihan oleh-oleh khas Semarang yang kaya akan rasa dan tradisi, Anda dapat membawa pulang potongan kecil dari kota ini untuk diingat dan dinikmati bersama keluarga atau teman. Dari lumpia yang terkenal hingga klepon yang manis, oleh-oleh Semarang adalah jendela kuliner yang memperkaya pengalaman wisata Anda di kota ini.

BACA JUGA : 7 Makanan Khas Lampung Favorit Dijadikan Oleh-Oleh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *