penggunaan-cv-dan-resume
Ilustrasi Resume

blogtimmy.com – Tidak hanya di Indonesia, di berbagai negara lainnya penggunaan CV dan resume juga sangat umum digunakan sebagai syarat untuk melamar kerja. Namun, ada beberapa negara tertentu memiliki kebiasaannya sendiri, dan juga sebutan yang berbeda.

Perbedaan terbesar terletak di negara di Amerika dan Eropa. Masing-masing memiliki kebiasaannya sendiri dalam memberikan persyaratan kepada para calon karyawan. Hal ini terlihat begitu jelas ketika ada beberapa perusahaan asing yang berdiri di Indonesia dengan masing-masing basis yang dimiliki.

Jika basis yang digunakan dari Amerika biasanya hanya menggunakan resume. Tetapi untuk perusahaan asing yang berdiri di Indonesia dari basis Eropa biasanya menggunakan CV.

Untuk lebih jelasnya bagaimana perbedaan antara resume dan CV di dunia, simak ulasannya berikut!

Negara yang Menggunakan CV Sebagai Syarat Melamar Kerja

Curriculum vitae lebih banyak digunakan di beberapa negara Eropa. Beberapa negara tersebut seperti Inggris, Jerman, dan Irlandia. Sedangkan di beberapa negara Eropa lainnya bervariasi, ada yang menggunakan CV saja, dan ada yang menggunakan keduanya.

Di Jerman, Anda tidak akan menemukan CV sebagai istilah yang umum digunakan. Disana CV banyak disebut dengan istilah lain, yaitu Lebenslauf. Perbedaan istilah ini berdasarkan perbedaan bahasa, karena Jerman lebih memilih bahasa asli Jerman.

Selain beberapa negara yang telah disebutkan, ada beberapa lain yang menggunakan CV sebagai syarat melamar kerja, yaitu di wilayah Selandia Baru.

Baca Juga: Berikut Ini Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik dan Benar

Negara yang Menggunakan Resume Sebagai Syarat Melamar Kerja

Di negara Amerika, khususnya Amerika Serikat dan Kanada perusahaan lebih memilih resume sebagai syarat dalam melamar kerja. Penggunaan ini resume ini sebenarnya hanya didasarkan pada kebiasaan di negara tersebut. Tidak lebih dari itu, karena keduanya sama-sama menunjukkan bagaimana bisa menunjukkan perjalanan seseorang terkait karir dan pendidikan.

Meski resume ada unsur mempromosikan diri sesuai dengan kemampuan, namun CV juga tetap bisa memperlihatkan hal tersebut dari detail perjalanan karir yang dituliskan. Apalagi ada sesi interview yang pastinya akan lebih intens dalam membedah bagaimana karakter dari si pelamar.

Itulah kenapa kedua persyaratan kerja antara CV dan resume ini sama-sama memiliki keefektifan untuk syarat melamar kerja.

Negara yang Menggunakan CV dan Resume Sebagai Syarat Melamar Kerja

Berbeda dari kedua kelompok negara yang menggunakan CV atau resume saja sebagai syarat melamar kerja. Di negara-negara seperti Asia, Afrika, dan Australia, rata-rata menggunakan CV dan resume sebagai syarat melamar kerja.

Namun biasanya ada perbedaan penggunaan antara CV dan resume tersebut. Penggunaan CV biasanya untuk melamar sebuah pekerjaan yang berkaitan dengan layanan publik. Sedangkan resume lebih banyak digunakan untuk perusahaan-perusahaan yang bekerja di bidang privat atau swasta.

Dengan memahami kebiasaan dari negara-negara tersebut, Anda bisa menyiapkan resume terbaik dan juga struktur CV yang umum digunakan sesuai dengan negara-negara tersebut. 

Pengetahuan ini tentunya akan sangat penting untuk dipelajari di era seperti sekarang ini. Mengingat semakin banyak orang yang bisa bekerja di luar negeri. Globalisasi dan kemajuan teknologi mampu menjembatani jarak antara negara semakin dekat.

Anda cukup mengirimkan email, bahkan juga bisa melakukan wawancara secara langsung melalui video call. Jadi kesempatan untuk bekerja di luar negeri juga semakin terbuka lebar.

Itulah perbedaan penggunaan CV dan Resume di berbagai negara di dunia. Anda harus jeli dan melihat secara detail persyaratan yang dibutuhkan ketika ingin melamar di perusahaan luar negeri atau perusahaan asing yang berada di Indonesia sesuai dengan basis negaranya masing-masing.

Baca Juga: 7 Website Membuat CV Online Gratis dengan Desain Menarik