5 Resep Masakan Jawa Barat yang Wajib dicoba di Rumah


blogtimmy.com – Kelezatan kuliner Indonesia memang tidak ada habisnya. Di banyak daerah Anda bisa menemukan kuliner yang sangat enak. Salah satunya yang bisa Anda temukan yaitu makanan khas dari Jawa Barat.

Masakan khas Jawa Barat sendiri terkenal dengan rasa yang relatif tajam dan asam. Apalagi makanan khas Jawa Barat biasanya didominasi oleh makanan berbahan dasar ikan dan mudah dibuat di rumah.

Daftar Resep Masakan Jawa Barat yang Mudah dibuat

Nah, jika Anda bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja saat di rumah, berikut ini beberapa resep masakan Jawa Barat yang bisa Anda coba di rumah. Dengan begitu akan ada banyak pilihan menu makanan yang bisa Anda sajikan untuk Anda dan keluarga.

1. Seblak

Bisa dibilang makanan yang satu ini paling mudah ditemukan di dunia modern. Harganya pun cukup murah dan pas di kantong banyak orang. Untuk membuat seblak Anda membutuhkan kerupuk, bakso dan, jika perlu Anda bisa menggunakan ceker untuk bahan utama. 

Untuk bumbunya, Anda bisa menggunakan bawang merah, bawang putih, kemiri, kencur, cabai rawit, gula pasir, garam dan telur. Cara membuatnya cukup mudah. Goreng bumbu yang disebutkan sebelumnya. Kemudian tambahkan bahan utama, tambahkan juga kaldu sesuai selera. Tunggu hingga air meresap kedalam semua bahannya. Mudah bukan untuk membuatnya.

2. Karedok

Karedok sendiri sering dianggap sama dengan pecel. Padahal, Karedok menggunakan lalapan sedangkan pecel menggunakan lalapan. Sayuran yang biasa ditemukan di Karedok antara lain kacang panjang, ketimun, kemangi, selada, terong segar, tomat, tauge, dan kol. 

Sedangkan untuk bumbu kacangnya, bisa menggunakan kacang tanah, gula merah, dasar putih, kencur, garam dan cabai. Untuk memasak karedok, haluskan bumbu kacang terlebih dahulu. Kemudian, campur dengan sayuran yang sudah dipotong-potong dan aduk rata. Karedok sudah siap untuk disajikan.

Baca Juga : Resep Bolu Pisang Yang Enak dan Gampang Dibuatnya!

3. Nasi Tutug Oncom

Makanan ini bisa dengan mudah ditemukan di Tasikmalaya. Nasi tutug oncom biasanya sangat gurih saat masih panas. Jika Anda ingin membuatnya, siapkan 2 kotak oncom, 5 cabai keriting dan merah, 6 bawang bombay, 2 siung bawang putih, 2 ruas kencur, setengah sendok teh terasi bakar dan garam secukupnya. 

Pertama-tama panggang oncom dengan bumbu lain kecuali kencur hingga kering. Kemudian haluskan bumbu dan campur dengan oncom. Terakhir, campur bumbu yang sudah jadi dengan nasi hangat. Untuk penyajiannya, Anda bisa menambahkan berbagai macam lauk, seperti tahu, tempe, ayam goreng, dan lain sejenisnya.

4. Combro dan Misro

Kedua makanan ini mengandung bahan dasar yang sama yaitu singkong parut yang kemudian akan berbentuk lonjong. Perbedaannya hanya pada isiannya, dimana isian combro adalah oncom, sedangkan isian misro adalah gula merah. 

Untuk membuatnya, selain menyiapkan bahan yang sudah disebutkan di atas, siapkan juga 100 gram kelapa yang sudah diparut, garam, merica dan juga ketumbar. Haluskan singkong, kelapa parut, garam, merica dan ketumbar. Selabjutnya bentuk adonan menjadi bola-bola. Isi adonan dengan oncom atau gula merah yang sudah diolah dengan cara ini.

5. Sate Maranggi

Liburan ke Purwakarta belum lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khas Jawa Barat dari kabupaten ini. Makanan yang dimaksud adalah sate maranggi. Jadi jika Anda ketagihan dengan rasa sate maranggi, Anda bisa mencoba membuatnya di rumah. 

Bahan dasarnya adalah daging sapi, setengah sendok teh jinten, 1 sendok makan bubuk ketumbar, 2 sendok makan gula merah, 2 sendok makan kecap manis, 1 sendok teh asam jawa, 4 siung bawang putih tumbuk, 1/2 sendok makan garam dan 1/2 sendok teh merica. 

Campur semua bumbu-bumbu yang sudah disebutkan di atas. Kemudian masukkan daging sapi yang sudah dipotong dadu ke dalam bumbu dan biarkan setidaknya selama satu jam. Selanjutnya tusuk daging sapi yang sudah dibumbui menggunakan tusuk sate. Lalu bakar sate sampai matang.

Nah, itu dia 5 resep masakan Jawa Barat yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Sebelum mencoba kelima resep tersebut, alangkah lebih baiknya jika Anda mencicipi rasa makanan khas Jawa Barat tersebut terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa membandingkan rasa masakan yang Anda buat dengan rasa makanan aslinya. 

Baca Juga : Inilah 5 Aneka Masakan Khas Indonesia Yang Mendunia.