Blogtimmy.com – Komedo berupa benjolan (papula) kecil yang ada di permukaan kulit, yang termasuk kedalam jenis jerawat ringan.

Selain muncul di kulit wajah, komedo juga bisa muncul di area bahu, punggung, lengan, leher, dan dada.

Masalah komedo itu sendiri akan muncul, karena adanya sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel rambut. Terdapat dua jenis komedo, yaitu komedo hitam dan komedo putih.

Keberadaan komedo putih memang tidak terlalu mengkhawatirkan. Namun, berbeda dengan komedo hitam yang sangat mengganggu, karena keberadaannya sangat terlihat dengan jelas!

Nah, berbicara soal cara menghilangkan komedo hitam, berikut dibawah ini ada beberapa cara alaminya.

1. Garam

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan bumbu dapur yang satu ini? Tentunya masing-masing diruangan dapur kita sudah tersedia garam.

Selain digunakan untuk sebagai bumbu masakan, ternyata garam dapur juga bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah komedo hitam lho.

Berdasarkan dari hasil penelitian, garam memiliki senyawa ionic yang terdiri dari ion positif dan ion negatif, yang terbukti efektif untuk mengangkat sel kulit mati.

Mengenai caranya, siapkan air panas dalam wadah, larutkan garam kedalamnya, lalu hadapkan wajahmu pada wadah tersebut agar terkena uap panasnya.

2. Buah Lemon

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa buah lemon ini memiliki rasa asam dan kaya akan kandungan vitamin C.

Nah, kandungan vitamin C tersebutlah yang berperan sebagai antioksidan, sehingga dapat menangkal radikal bebas yang ada pada kulit.

Soal cara menggunakannya, siapkan 1 buah lemon, peras airnya, dan sisihkan kedalam mangkuk. Oleskan perasan air lemon tersebut pada area wajah yang berkomedo, tekan perlahan-lahan, dan diamkan sekitar 15 menit. Setelah itu, bilas kembali wajahmu dengan air hingga bersih.

3. Jeruk Nipis

Selain buah lemon, jeruk nipis juga tidak kalah efektifnya untuk menghilangkan komedo hitam yang membandel lho.

Ya, terang saja demikian, sebab buah mungil yang satu ini kaya akan kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan.

Cara penggunaannya juga tidak berbeda jauh dengan cara yang diatas tadi, peras jeruk nipisnya, lalu oleskan pada area wajah yang ada komedonya. Diamkan selama 15 menitan, dan bilas lagi wajahmu dengan air sampai bersih.

Baca juga: Inilah Tips dan Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat Secara Alami

4. Kulit Jeruk

Jika dibandingkan dengan daging buahnya, ternyata bagian kulitnya jauh lebih banyak memiliki kandungan vitamin C lho.

Maka dari itu, kamu jangan langsung membuang kulitnya setelah habis memakan daging jeruknya. Mengenai cara menggunakannya, siapkan beberapa kulit buah jeruk, jemur sampai kering.

Jika sudah kering, silahkan tumbuk sampai halus, campurkan dengan sedikit air, lalu aduk-aduk hingga teksturnya mengental seperti pasta.

Oleskan pastanya pada area wajah yang berkomedo, diamkan sekitar 15 – 20 menit, kemudian bilas lagi wajahmu dengan air sampai bersih.

5. Buah Pepaya

Bahan alami berikutnya yang ampuh untuk menghilangkan komedo hitam di wajah, yakni menggunakan buah pepaya.

Buah yang satu ini mempunyai kandungan enzim papain yang berfungsi untuk meregenerasi kulit. Bukan hanya itu, buah pepaya juga dilengkapi dengan kandungan vitamin A, C, dan E yang berperan sebagai antioksidan.

Soal cara menggunakannya, siapkan beberapa potongan buah pepaya, kupas kulit dan bijinya, lalu lumatkan sampai halus.

Oleskan pada wajahmu secara merata, diamkan selama 20 menitan, dan bilas lagi wajahmu dengan air sampai bersih.

Nah, itulah cara menghilangkan komedo hitam di wajah dengan beberapa bahan alami yang ampuh. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *