Blogtimmy.com – Jahe merah atau yang lebih populer disebut jahe sunti memang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dnegan jahe jenis lainnya.

Jika dlilihat dari kandungan senyawa kimia dalam rimpangnya, pada jahe merah ini terdapat kandungan gingerol, oleoresin, dan minyak atsiri yang lebih tinggi.

Bahkan ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa manfaat jahe merah ini adalah sebagai antioksidan dan antiinflamasi.

Dimana, kandungan tersebut diklaim dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan virus maupun bakteri.

Sehingga tidak aneh, kalau Presiden Jokowi rutin mengonsumsi jahe merah ini sebagai cara antisipasi untuk melawan Virus Covid-19.

Bukan hanya untuk menangkal virus Covid-19, bahkan banyak sekali manfaat lainnya dari jahe merah ini. Berikut beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat jahe merah untuk kesehatan yang pertama adalah menurunkan tekanan darah. Dimana, jahe merah ini mampu merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah.

Dengan demikian, darah dapat mengalir lebih lancar, dan kerja jantung untuk memompa darah pun semakin ringan.

2. Memperbaiki Pencernaan

Manfaat jahe merah berikutnya adalah untuk memperbaiki pencernaan. Karena jahe merah ini mengandung enzim pencernaan, yakni protease dan lipase yang masing-masing mencerna protein dan lemak.

3. Mencegah Stroke dan Jantung

Jahe merah ini memiliki kandungan gingerol yang memiliki efek antikoagulan yang bisa mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang merupakan penyebab utama terjadinya stroke dan serangan jantung. Selain itu, kandungan gingerol ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

Baca juga: Apa Sih Arti Mimpi Pacar Selingkuh? Berikut Penjelasannya

4. Menetralkan Tubuh Dari Radikal Bebas

Seperti yang diketahui bahwa radikal bebas dapat menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Sementara paparan radikal bebas sendiri sangat sulit dihindari karena pada lingkungan sekitar kita. Seperti paparan sinar matahari, asap rokok, ozon, asap kendaraan, polusi udara, asap pabrik, dan makanan yang dikonsumsi.

Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa mengonsumsi jahe merah. Karena kandungan antioksidan pada jahe merah mampu menetralkan tubuh dari berbagai radikal bebas.

5. Meringankan Kram Perut

Manfaat jahe merah untuk kesehatan lainnya adalah untuk meringankan kram perut. Nah, selain dengan menggunakan obat medis, bagi anda para penderita asam lambung bisa merasakan manfaat jahe merah ini sebagai obat asam lambung alami.

Hal ini dikarenakan senyawa fenolat pada jahe merah ini bisa meredakan iritasu dan mengurangi kontraksi lambung. Dengan demikian bisa mengurani risiko zat asam untuk bergerak naik ke kerongkongan.

6. Menambah Stamina

Manfaat jahe merah untuk kesehatan yang terakhir adalah sebagai penambah stamina. Dalam hal ini, jahe merah mampu melancarkan peredaran pada darah sehingga membuat pembentukan otot lebih baik dan sempurna.

Selain itu, jahe merah juga mampu meningkatkan kebugaran fisik serta menambah stamina. Sehingga tidak aneh kalau banyak pria dewasa yang menjadikan jahe merah ini sebagai obat kuat alami.

Resep Jahe Merah Sebagai Obat Penambah Stamina

Bahan – Bahan:

  • Jahe merah 10 gram
  • Lengkuas
  • Lada 5 gram
  • Garam dapur 5 gram
  • Mengkudu yang matang 1 buah 

Cara Pembuatan:

Pertama tumbuk jahe, lengkuas, lada hingga halus. Lalu tambahkan air perasan buah mengkudu. Tambahkan air mencapai 1 gelas. Setelah itu, minum 2 kali sehari, pagi dan malam menjelang bangun masing-masing 1 gelas. Anda juga bisa tambahkan garam, kuning telur dan madu.

Itulah beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuhmu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo Hitam dengan Bahan-bahan Alami