Hewan Peliharaan Anak
Saat menginjak usia 4 atau 5 tahun, anak-anak akan mulai memiliki ketertarikan pada hewan. Bahkan beberapa anak sudah akrab dengan hewan jika memang di lingkungannya terdapat banyak hewan yang dipelihara. Nah, mungkin ini saatnya Anda untuk mulai memberikan hewan peliharaan bagi si kecil tersayang. Banyak sekali lho, manfaat memelihara hewan untuk anak-anak misalnya saja mengoptimalkan rasa saling menyayangi dan juga mengajarinya untuk lebih bertanggung jawab.
Sayangnya, banyak anak yang memiliki alergi terhadap hewan peliharaan terutama yang memiliki bulu seperti anjing dan kucin. Tapi tak perlu khawatir, masih banyak kok hewan peliharaan lucu yang tidak menyebabkan alergi dan bisa dijadikan peliharaan seperti berikut ini:

1. Ikan mas

Dari sekian banyak jenis ikan, ikan mas merupakan hewan peliharaan yang tepat bagi si kecil karena ia bisa mengenali pemiliknya. Meski ikan mas tidak dapat berinteraksi layaknya anjing atau kucing, namun hewan satu ini akan langsung berenang menghampiri orang yang memeliharanya ketika ia melihatnya. Ikan mas sendiri memiliki usia 4 hingga 10 tahun jika perawatannya tepat. Ikan merupakan hewan yang tidak menimbulkan alergi dan cocok dipelihara jika Anda belum siap dengan perawatan yang terlalu rumit.

2. Bearded dragon

Anda mungkin masih asing dengan nama hewan satu ini. Bearded dragon merupakan sejenis iguana berukuran kecil yang di bagian janggutnya memiliki kulit seperti jenggot. Kebanyakan Indonesia mungkin masih menganggap memelihara reptil adalah hewan yang ekstrem. Tapi sebenarnya hewan satu ini sangat jinak dan tidak berbahaya. Ia pun hanya memakan tumbuhan seperti buah dan sayur serta beberapa jenis serangga. Hewan satu ini memiliki rentang hidup yang sangat panjang, antara 7 hingga 10 tahun.

3. Burung parkit 

Kalau Anda dan si kecil suka mendengarkan suara kicauan burung yang merdu, maka memelihara parkit bisa dijadikan pilihan. Burung kecil ini memiliki warna yang indah, seperti hijau, biru, dan juga kuning. Ukurannya termasuk kecil, namun sangat lincah dan gemar berkicau terlebih lagi jika diletakkan di dalam kelompok. Hewan satu ini juga tergolong mudah dirawat dan sangat jinak, sehingga cocok dijadikan peliharaan anak-anak. Tak hanya itu saja, parkit juga hidup cukup lama dengan perawatan yang tepat, bisa mencapai 10 hingga 15 tahun.

4. Hamster

Hewan mungil ini cukup populer di Indonesia karena acara kartun dengan karakter utama bernama Hamtaro yang populer di tahun 1990-an. Nah, hewan ini memang sangat cocok dijadikan peliharaan anak-anak karena sangat lucu dan juga pandai. Ia akan bisa berjalan di atas jembatan maupun roda berputar yang diletakkan di dalam kandangnya. Perawatannya juga cukup mudah, yang penting Anda harus sering membersihkan kandangnya supaya tidak berbau pesing. Sayangnya, hewan mungil ini hanya memiliki usia 1 hingga 3 tahun saja. 
Keempat hewan tersebut tidak akan menimbulkan alergi, mudah dirawat, serta tidak membutuhkan biaya yang besar untuk membeli makanannya. Kira-kira mana hewan yang akan Anda pilihkan untuk buah hati tersayang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *