Rekomendasi Oleh-oleh Kuliner Khas Jogja

Liburan ke Jogja? Yuk Bawa Pulang Makanan dari Rekomendasi Oleh-Oleh Kuliner Khas Jogja!

Rekomendasi oleh-oleh kuliner khas Jogja ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang berlibur ke Jogja. Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan kota yang sering menjadi tujuan para wisatawan. Baik wisatawan asing maupun wisatawan domestik. 

Banyak sekali keindahan dan keunikan dari berbagai tempat wisata di kota hangat yang diincar wisatawan ini. Selain berbagai tempat wisata yang menarik, Jogja juga memiliki banyak kuliner yang cocok untuk oleh-oleh para wisatawan.


Berbagai jenis makanan khas Jogja yang berumur panjang tersedia lengkap:

  1. Geplak 

Bahan dasar geplak adalah gula pasir, kelapa lunak dan pewarna makanan. Ada beberapa rasa yang menggiurkan seperti rasa durian, rasa nangka, rasa vanilla, rasa coklat, dan rasa gula jawa asli.


Geplak juga bermacam-macam warnanya, ada yang hijau, pink, kuning dan coklat, semuanya menggugah selera, apalagi bagi yang suka dengan rasa manis. Daerah produksi geplak yang paling terkenal adalah di kabupaten Bantul Yogyakarta. 

  1. Bakpia 

Jenis makanan yang satu ini tentunya sudah sangat terkenal. Bagi Anda yang sering jalan-jalan ke kota Yogyakarta, pasti sering membeli bakpia ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. 


Karena bakpia ini kuliner khas Jogja yang sudah lama berdiri ini paling banyak diminati oleh wisatawan. Bakpia adalah sejenis makanan berbahan dasar tepung terigu yang mengandung berbagai macam rasa dan dipanggang. 


Variasi rasa dari bakpia ini juga beragam yaitu kacang hijau, coklat, durian, keju, ubi ungu dan masih banyak lagi. 

  1. Yangko

Sangat populer di kota Yogyakarta. Terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan gula yang dilelehkan. Yangko juga tersedia dalam berbagai rasa seperti anggur, stroberi, durian dan lain-lain.

Sensasi makanan jenis ini memang agak keras, namun lembut dan terasa enak di lidah. Warna makanan ini juga bervariasi sesuai selera.

  1. Tasuba

Tasuba merupakan salah satu makanan modern di kota Jogja yang saat ini sedang menjadi incaran wisatawan sebagai oleh-oleh. Tasuba merupakan tahu susu pangsit yang memiliki tekstur lebih padat dibandingkan dengan tahu pangsit pada umumnya. 


Jajanan yang satu ini merupakan jajanan khas Jogja. Daya tahan kuliner hingga 6 bulan dengan bentuk dan warnanya hampir sama dengan jenis tahu dengan bakso lainnya.

  1. Keripik belut 

Hidangan ini juga merupakan masakan khas Jogja yang akan tahan lama jika dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Keripik belut ini terbuat dari belut yang dilumuri tepung kemudian digoreng kering/renyah dengan bumbu seperti bawang putih, ketumbar dan kemiri. 


Ini sangat enak dan menggugah selera. Penghasil keripik belut terbesar ada di kota Klaten, Yogyakarta. 

  1. Belalang Goreng

Jenis makanan ini cukup ekstrim. Kota Yogyakarta terkenal tidak hanya karena keindahannya tetapi juga kulinernya yang ekstrem. 


Belalang goreng banyak dijumpai di Kota Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Bahan dasarnya adalah belalang pohon yang dibersihkan kemudian dicampur dengan bumbu kemudian digoreng kering. 


Rasanya yang gurih, renyah dan garing, pasti sangat berbeda dengan jenis makanan lainnya. 

  1. Peyek Mbok Tumpuk

Secara umum, bentuk Peyek Mbok Tumpuk rata dan tipis. Peyek jenis ini bentuknya tidak beraturan dengan tumpukan kacang tanah yang banyak, tumpukan kacang tanah ini dibuat karena perbandingan dengan tepungnya 2:1, rasanya dijamin sangat segar karena bumbu yang digunakan sangat lengkap, seperti ketumbar, bawang putih, kemiri dan santan Peyek ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena merupakan salah satu kuliner khas Jogja yang tahan lama.


Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh kuliner khas Jogja. Apakah Anda sudah dapat memilih makanan mana yang ingin dibawa pulang?