Mari Pelajari 4 Sifat Wajib Rasul yang Patut Dicontoh Umat Muslim

Sebagai umat muslim, ada baiknya menyelami pelajaran-pelajaran baik dari nabi dan rasul. Setiap nabi dan rasul memiliki kisah inspiratif masing-masing, sehingga sangat cocok untuk dijadikan pelajaran dan diambil hikmahnya sebagai perbaikan diri kedepannya. Tak hanya hikmah, anda dapat menerapkan sifat-sifat baik yang dimiliki oleh para nabi juga rasul.

Kali ini mari mempelajari 4 sifat wajib dari para rasul Allah SWT, 4 sifat ini sebenarnya harus dimiliki setiap umat muslim agar kehidupan dapat bergulir sebagai mana mestinya. Berikut ini penjabaran dari keempat sifat wajib rasul yang harus umat muslim pelajari:

  1. Sifat Wajib Rasul As Siddiq

As Siddiq yang memiliki arti selalu benar juga jujur. Setiap rasul Allah pasti memiliki sifat benar atau jujur di setiap keadaan dan perkataan, mereka tidak pernah berbohong di setiap ucapannya apalagi tentang ajaran-ajaran Allah SWT yang mereka sampaikan kepada umat-Nya. 

Salah satu nabi atau rasul yang paling lekat dengan sifat ini adalah Baginda Nabi Besar Umat Islam Muhammad SAW, kejujuran dari nabi terakhir pembawa kitab penyempurna ini bahkan juga diakui oleh para sahabat sampai kalangan musuh beliau. Merujuk kepada salah satu hadist yang diriwayatkan oleh Ali RA yakni bahwa Abu Jahal ternyata pernah menyatakan pendapatnya kepada Baginda Rasulullah SAW sebagaimana berikut: “kami tidak menganggap engkau dusta, tapi menganggap dusta ajaran yang engkau bawa.”

Tak hanya Nabi Muhammad SAW, tetapi juga melekat pada Nabi Ibrahim AS terhadap ayahnya sang pematung ulung yang menjadi pemuka agama penyembah berhala. Beliau dengan berani berkata jujur tentang kesalahan ayahnya tersebut, kejadian ini diceritakan dalam QS Maryam ayat 41.

  1. Sifat Wajib Rasul Al Amanah

Al Amanah memiliki arti dapat dipercaya, sifat kedua yang sangat amat melekat pada rasul Allah SWT. Setiap ucapan atau janji yang diberikan rasul pasti akan ditepati, mereka tidak mungkin mengingkari apa yang sudah diperbuat atau dijanjikan kepada siapapun.

Misal terjadi pada kaum Nabi Nuh AS yang tidak mempercayai kabar datangnya banjir bandang bahkan menganggap Nabi Nuh AS gila, sampai akhirnya Allah mempertegas Nuh AS merupakan sosok yang sangat terpercaya alias amanah pada QS Asy Syu’ara ayat 106 sampai 107.

  1. Sifat Wajib Rasul At Tabligh

Memiliki arti menyampaikan, membuktikan bahwa rasul Allah tidak pernah sekali saja menyimpan wahyu Allah sendiri, melainkan selalu menyampaikan apa yang diterima kepada umat-Nya. Dapat digambarkan bahwa rasul adalah perantara manusia dengan Allah, tersebut pada hadist Riwayat Ali bin Abi Thalib tentang wahyu yang tidak tercantum di dalam Al-Qur’an dan menegaskan “ Demi Zat yang membelah biji dan melepas napas, tiada yang disembunyikan kecuali pemahaman seseorang terhadap Al-Qur’an”. Selain itu juga diperjelas pada QS Al Maidah ayat 67.


BACA JUGA : RUKUN IMAN DALAM ISLAM

  1. Sifat Wajib Rasul Al Fatanah

Memiliki arti kecerdasan, yang berarti setiap rasul Allah mutlak memiliki sifat cerdas karena mereka wajib menyebarkan wahyu yang diterima sehingga membutuhkan yang namanya kecerdasan dalam memahami kaum dan mencari cara untuk menyebarkan ajaran Allah SWT.

Sekian penjelasan tentang 4 sifat wajib yang dimiliki oleh rasul Allah SWT, keempatnya sangat baik jika kita terapkan pada diri sendiri sebagai sosok umat muslim yang patuh kepada Allah SWT untuk menjaga keberlangsungan hidup yang sejalan dengan tuntunan Sang Maha Pencipta Semesta Alam.