Semua kegiatan yang kita jalani memiliki doa tersendiri. Doa merupakan salah satu ibadah yang bukan hanya sekedar meminta dan memohon kepada Allah. Tetapi bentuk kehinaan diri di hadapan Allah SWT. Fungsi dari doa banyak sekali diantaranya adalah sebagai senjata orang mukmin, penentram batin pembuka pintu rahmat dan hal baik lainnya. Oleh karena itu, berikut bebeapa doa yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bacaan Harian

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Latin: Laa ilaaha illallahu wahdahuu laa syariika lahuu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadir

Artinya: Tidak ada yang berhak disembah selain Allah yang maha tunggal tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala puji dan Dia maha kuasa atas segala sesuatu.

Doa Pagi Sore 

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ وَأَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَعْتَرِفُ بِذُنُوبِي فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Latin: Allaahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tu, a’uudzu bika min syarri maa shana’tu wa abuu-u laka bini’matika ‘alayya wa a’tarifu bidzunuubii faghfir lii dzunuubii, innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engaku, Engkau telah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu, dan berada dalam perjanjian dan janji-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan apa yang telah aku perbuat, dan aku mengakui kenikmatan-Mu yang Engkau berikan kepadaku dan mengakui dosa-dosaku, maka ampunilah dosaku, sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau.

Selesai Dari Majelis

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Latin: Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu anlaa ilaaha illaa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

Artinya: Maha Suci Engkau wahai Allah, dan dengan memuji-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak di sembah melainkan Engkau, aku meminta ampun dan bertaubat kepada-Mu.

Ketika Melihat Orang lain Terkena Musibah

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي عَافَانِي مِمَّا ابْتَلَاكَ بِهِ وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلًا

Latin: Al hamdulillaahillaadzii ‘aafaanii mimmaabtalaaka bihi wa fadhdhalanii ‘alaa katsiirin mimman khalaqa tafdhiilan

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkanku dari musibah yang diberikan kepadamu, dan melebihkanku atas kebanyakan orang yang Dia ciptakan.

Doa Ketika Susah

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ الْعَظِيمُ الْحَلِيمُ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَرَبُّ الْأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ

Latin: Laa-ilaaha illallahul ‘adziimul haliim, laa-ilaaha illallah rabbul’arsyil ‘azhiimi laa-ilaaha illallah rabbus samaawaati warabbul ardli warabbul’asyil kariimi

Artinya: Tiada sesembahan yang hak selain Allah yang maha mengetahui lagi maha bijaksana, tiada sesembahan yang hak selain Allah, Tuhan pemelihara arsy yang maha agung, tiada sesembahan yang hak selain Allah Yang memelihara langit dan bumi, Tuhan pemelihara arsy yang mulia.

Doa Pengampunan Dosa

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Latin: Laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dan Allah maha besar, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

Doa Masuk Surga

رَضِيتُ بِاللَّهِ رَبًّا وَبِالْإِسْلَامِ دِينًا وَبِمُحَمَّدٍ رَسُولًا

Latin: Radhiitu billaahi rabban wa bil-islaami diinan wa bimuhammadin rasuulan

Artinya: Aku ridha Allah sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku dan Muhammad sebagai rasul.

Setelah kita mengetahui 7 doa amalan harian tersebut, kita harus dapat menghafalkan dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Keutamaan dari setiap doa memang berbeda tetapi pastinya bertujuan untuk suatu hal yang baik. Seperti diselamatkan dari ujian tersebut, apapun hal tersebut selama ia masih hidup. Diampuni dosa-dosanya walaupun seperti buih lautan, dan masih banyak lagi.