makanan-khas-china


Blogtimmy.com – China memang merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sekali makanan enak yang diakui sebagai salah satu dari hidangan terenak di dunia. Mungkin kamu hanya mengetahui beberapa jenis makanan China saja. Padahal masih banyak makanan khas China lainnya yang terkenal lezat dan tentunya sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Berikut Rekomendasi 6 makanan khas China yang populer dan terkenal lezat.

1. Mapo Doufu

Mapo Doufu merupakan Chinese food tradisional yang berasal dari provinsi Shincuan. Makanan khas China ini terdiri dari tahu yang dipotong dadu kemudian dimasak dengan campuran daging giling, bubuk cabai, daun bawang, pasta kacang, juga bumbu lainnya yang membuat 1 porsi Mapo Doufu ini memiliki rasa lembut, gurih, pedas, manis, dan tentunya lezat. 

2. La Ji Zi

La Ji Zi merupakan makanan yang sangat hits di China yang memiliki arti ayam pedas kering. Chinese food ini terdiri dari potongan daging ayam yang dipotong dadu lalu digoreng hingga kering dengan tambahan beberapa bumbu seperti cabai Sichuan, cabai kering, bawang putih, daun bawang, kecap, garam, gula, dan bumbu campuran lainnya. Soal rasa, dagingnya terasa empuk, bumbunya juga terasa manis, asin, pedas, dan gurih. 

3. Hainan Jifan

Hainan Jifan atau dikenal juga dengan sebutan nasi hainan memang menjadi Chinese food tradisional yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Jika kamu belum tahu nasi hainan itu seperti apa. Sebenarnya kuliner ini berupa beras yang ditanak dengan bumbu dan kaldu ayam lalu dimasak dan disajikan dengan lauk berupa ayam ditambah kuah dan kecap. Makanan ini populer berkat cita rasanya yang gurih. 


Baca Juga : 5 Resep Masakan Jawa Barat Yang Wajib Dicoba Di Rumah

4. Sanbeiji

Chinese food yang satu ini memang sangat unik karena dibutuhkan banyak bumbu untuk pembuatan 1 porsi sanbeiji. Sebenarnya makanan ini terdiri dari daging ayam yang dimasak dengan 3 cangkir bumbu sesuai dengan namanya sanbeiji yang berarti tiga cangkir. Kemudian dicampur dengan anggur beras, kecap manis, dan secangkir lemak babi. Kebayangkan bagaimana nikmatnya seporsi sanbeiji ini? Bumbunya terasa gurih, aromanya juga sedap, dan dagingnya empuk. Pokoknya sanbeiji ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang suka sekali dengan Chinese food. 

5. Tangcu Liji

Tangculiji merupakan salah satu makanan tradisional China yang berasal dari provinsi Sinchuan. Chinese food ini sudah populer di berbagai restoran di China hingga mancanegara. Tangculiji terdiri dari daging babi yang difillet lalu dicampur dengan tepung, kemudian digoreng. Setelah ditiriskan, masak tangcity dengan saus asam manis, sehingga tercipta rasa manis, pedas, dan potongan babi goreng tepung ini juga terasa gurih. Akan lebih nikmat rasanya jika dimakan dengan nasi hangat. 

6. Gong Bao Ji Ding

Mungkin kamu masih asing dengan nama makanan khas China yang satu ini. Sebenarnya Gong Bao Ji Ding adalah ayam kungpao yang memiliki rasa lezat. Chinese food yang berasal dari provinsi Sichuan ini menggunakan bahan dasar ayam kungpao yang dipotong dadu ditambah kacang dan cabai besar. Lalu dicampur dengan saus asam manis, kemudian masak ayamnya hingga berwarna kecoklatan. Soal rasa, ayamnya itu empuk, manis, asin, juga gurih.  

Selain itu masih ada makanan khas China lainnya yang populer dan terkenal lezat di Indonesia yaitu Wonton. Chinese food ini hampir mirip dengan siomay makanan khas Indonesia. Namun yang membedakannya adalah dari cara penyajiannya. Biasanya wonton disajikan dengan sup, sedangkan siomay disajikan dengan kuah kaldu. 

Itulah beberapa ulasan terkait makanan khas china yang lezat, wajib banget kamu coba, bagi kamu pecinta chinese food, yuk siapin bujetnya !

Baca Juga: 5 Resep Rendang Daging Enak dan Mudah Dibuat