sumber : IDN

Yogyakarta, atau yang sering disebut Jogja, bukan hanya terkenal dengan kekayaan budayanya, tetapi juga memiliki berbagai tempat wisata yang ramah anak. Melibatkan anak-anak dalam perjalanan keluarga dapat menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Berikut adalah panduan tempat wisata di Jogja ramah anak dan cocok untuk dinikmati bersama keluarga.

1. Kids Fun Park Yogyakarta

Tempat ini merupakan surga bagi anak-anak. Terletak di Jalan Magelang KM 4,5, Kids Fun Park menawarkan beragam wahana dan aktivitas yang disesuaikan dengan usia anak. Mulai dari taman bermain, sepeda air, hingga mini zoo, semuanya dirancang untuk memberikan kesenangan dan pembelajaran.

2. Gembira Loka Zoo

Zoo yang terletak di Jalan Kebun Raya No. 2, Yogyakarta ini adalah destinasi edukatif yang sempurna untuk keluarga. Anak-anak dapat melihat berbagai jenis binatang dari seluruh dunia dan mengikuti kegiatan interaktif seperti memberi makan hewan dan menyaksikan pertunjukan satwa.

3. Taman Pintar

Taman Pintar, yang terletak di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, adalah wahana pendidikan interaktif bagi anak-anak. Dengan konsep belajar yang menyenangkan, tempat ini menyajikan berbagai eksperimen sains, galeri mini, dan wahana edukatif lainnya.

sumber : Orami

4. Kaliurang Park

Berlokasi di lereng Gunung Merapi, Kaliurang Park menawarkan pemandangan alam yang memukau. Anak-anak dapat menikmati bermain di area bermain khusus dan berpartisipasi dalam kegiatan alam seperti berkuda atau mengamati burung. Suasana pedesaan yang tenang membuat tempat ini cocok untuk mengajak anak-anak menikmati alam.

BACA JUGA : 4 Tempat Makan Ramah Anak di Sentul, Aman dan Menyenangkan

5. Jawa Timur Park 3

Meskipun berada di luar kota, Jawa Timur Park 3 di Batu, Malang, adalah destinasi yang patut dipertimbangkan. Dengan wahana bertema dinosaurus, area air, dan berbagai atraksi menarik, tempat ini menyediakan hiburan bagi anak-anak sekaligus menjadi kesempatan untuk belajar.

6. Kebun Buah Mangunan

Jika ingin menikmati suasana pedesaan dan beragam buah tropis, Kebun Buah Mangunan di Dlingo, Bantul, adalah pilihan yang tepat. Anak-anak dapat belajar mengenai tanaman buah, memetik buah langsung dari pohonnya, dan menikmati suasana hijau yang menyejukkan.

7. Museum Ullen Sentalu

sumber : Nagan Tour

Meskipun biasanya museum tidak terlihat menyenangkan bagi anak-anak, Museum Ullen Sentalu di Kaliurang memberikan pengalaman yang unik. Dengan koleksi seni dan budaya Jawa yang menarik, anak-anak dapat belajar sambil menikmati suasana yang indah.

8. Goa Pindul

Bagi keluarga yang mencari petualangan, Goa Pindul di Gunung Kidul menyajikan pengalaman menyusuri gua dengan menggunakan ban pelampung. Aktivitas ini cocok untuk anak-anak yang menyukai petualangan alam dan tentu saja dengan pengawasan yang ketat.

Tips Perjalanan Bersama Anak

  1. Persiapkan Kesehatan: Pastikan anak-anak dalam kondisi sehat. Bawa obat-obatan dan perlengkapan kesehatan darurat.
  2. Bawa Bekal: Selalu bawa bekal makanan ringan dan air minum untuk mengatasi kelaparan di perjalanan.
  3. Pakaian dan Perlindungan Matahari: Kenakan pakaian yang nyaman dan berikan perlindungan matahari seperti topi dan krim tabir surya.
  4. Jadwal Fleksibel: Bersiaplah untuk menjadwalkan istirahat dan memberikan waktu bagi anak-anak untuk bersenang-senang.

Dengan destinasi yang ramah anak di Jogja, perjalanan bersama keluarga akan menjadi momen berharga yang akan dikenang oleh semua anggota keluarga. Selamat menjelajah Jogja dengan anak-anak!

BACA JUGA : Jenuh? Ini 6 Short Escape di Jakarta yang Cocok Buat Healing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *