TIps Memperbaiki Rumah Tangga


blogtimmy.com – Hati-hati: Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan fakta yang mengejutkan bahwa sejumlah orang masih sangat mencintai pasangan mereka setelah 20 tahun menikah. Faktanya, bagian otak dari orang-orang yang memiliki hubungan jangka panjang serta bahagia menunjukkan aktivasi yang sama di area yang terkait dengan penghargaan, motivasi, dan “keinginan” seperti mereka yang mengalami cinta baru.

Bahkan lebih baik, cinta romantis jangka panjang (tidak seperti cinta baru atau kasmaran) merangsang bagian otak yang meredakan kecemasan dan rasa sakit. Hal ini menunjukkan bahwa cinta romantis dalam jangka panjang menawarkan kombinasi manfaat yang unik: kebahagiaan — ditambah rasa ketenangan. Berikut ini adalah 4 tips dan rahasia untuk menjalin hubungan yang romantis dan juga harmonis:

1. Menjadi 5 Kali Lebih Baik Dari Sebelumnya

Untuk setiap pertukaran yang tidak bahagia, kita membutuhkan setidaknya lima yang bahagia untuk memelihara cinta, kata pakar hubungan John Gottman, Ph.D. Menurut penelitiannya, hubungan stabil dan bahagia ketika rasio interaksi positif dan negatif setidaknya 5: 1. Perhatikan bahwa apa yang disebut “Rasio Ajaib” ini memungkinkan terjadinya interaksi negatif, yang menurut Gottman diperlukan oleh mitra untuk melewati konflik.

2. Bagilah Pekerjaan Rumah Tangga

Berbagi pekerjaan rumah tangga ternyata penting untuk pernikahan yang harmonis — satu-satunya faktor yang berperingkat lebih tinggi dalam survei Pew Research Center dari tahun 2007 dan 1990 adalah kesetiaan dan hubungan seksual yang bahagia. Meskipun demikian, bahkan di antara pasangan yang membagi beban kerja, tugas cenderung lebih banyak dilakukan pada satu pasangan daripada yang lain dan biasanya wanita.

3. Berhati-hatilah Saat Berbicara

Sebagian besar dari kita tahu bahwa komunikasi adalah kunci menuju hubungan yang sukses — meskipun kita tidak begitu ahli dalam hal itu. Trik nya adalah, Gunakan lebih banyak kata ganti yang “berfokus pada pasangan”, seperti “kami”, “milik kita”, dan “kita” saat Anda mengalami konflik dengan orang penting dalam hidup anda. Satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychology and Aging menemukan bahwa kata-kata ini membantu pasangan melewati perselisihan dengan lebih banyak kasih sayang, lebih sedikit kemarahan dan stres yang lebih rendah, sementara kata ganti seperti “Aku” dan “Kamu” meningkatkan ketidakpuasan perkawinan.

4. Pergilah Berlibur Bersama

Jika rutinitas Anda lebih terasa jenuh seperti restoran lama yang sama, acara TV lama yang sama, maka inilah saatnya untuk berlibur dan bersenang-senang. Play Together Stay Together, menurut penelitian Stony Brook University Arthur Aron, Ph.D. Studi menunjukkan bahwa berpartisipasi dalam aktivitas baru dan menarik sebagai pasangan meningkatkan kualitas hubungan. Itu karena bisa mengalami apa yang disebut “ekspansi diri” bersama pasangan Anda membuat hubungan lebih memuaskan dan membantu mencegah kebosanan yang sangat berpengaruh pada begitu banyak perpisahan/perceraian.

Itulah 4 tips untuk menjalin hubungan rumah tangga yang romantis dan harmonis. Jika hanya dibaca tanpa dipahami, mungkin keempat hal tersebut terasa mudah bukan? akan tetapi jika anda dalam posisi yang tidak baik, maka akal sehat anda pun akan menganggap hal tersebut terasa sangat amat sulit untuk dilakukan terhadap pasangan anda. Mungkin salah satu dari sekian banyak kata kata motivasi cinta berikut akan membantu anda untuk tetap bertahan dan mencintai pasangan anda apapun dan bagaimanapun kondisinya. 

“Cinta bukanlah keadaan kepedulian yang sempurna. Ini adalah kata benda aktif seperti perjuangan. Mencintai seseorang berarti berusaha untuk menerima orang itu apa adanya, saat ini juga.” – Fred Rogers