Cara merawat miss v dengan baik dan benar tentunya menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap wanita.  Hal itu bukan tanpa alasan, karena kesehatan vagina tergantung pada cara perawatan. 

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips mengenai cara merawat vagina dengan baik dan benar. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini. 

1. Gunakan Celana Dalam yang Nyaman

Penting bagi setiap wanita untuk selalu menggunakan celana dalam yang nyaman. Pasalnya, miss v merupakan bagian tubuh yang paling sensitive dan lembap. Menurut pernyataan dari para pakarnya, menyebutkan bahwa celana dalam yang tidak nyaman akan membuat miss v rentan terhadap infeksi jamur. 

Oleh karena itu, mereka menyarankan agar kita menggunakan celana dalam yang berbahan katun. Hal itu bukan tanpa alasan, karena celana dalam berbahan katun dapat menyerap keringat dengan baik sehingga nyaman dan adem saat digunakan. 

2. Mencukur Bulu Miss V Secara Teratur

Perlu kalian ketahui, rambut yang ada di area miss V itu memiliki peranan penting dalam melindungi labia (bibir vagina) dari risiko lecet. Maka dari itu, kita tidak boleh mencukur habis bulu tersebut melainkan cukup memangkas atau merapikan saja. 

Tak hanya itu, terdapat juga beberapa hal yang harus kita perhatikan saat akan memangkas bulu miss V. Dalam hal ini, sebaiknya kamu menggunakan mata pisau cukur yang bersih dan selalu menggantinya setiap 2 minggu sekali. 


Baca juga: Ingin Menambah Berat Badan? Konsumsilah 5 Jenis Kuliner Ini

3. Jangan Gunakan Tampon, Pembalut, dan Pantyliner yang Beraroma

Masih ada sebagian dari wanita yang kerap menggunakan tampon, pembalut, atau pantyliner yang beraroma kuat untuk mengurangi bau tak sedap saat menstruasi. Padahal, hal tersebut merupakan cara yang salah. 

Menurut kabar yang beredar, pembalut beraroma itu bisa mengganggu kesehatan miss v karena akan memicu terjadinya iritasi dan reaksi alergi.  

4. Bersihkan Tanpa Douching

Apa yang dimaksud dengan douching? Douching merupakan teknik pembersihan area miss V yang dilakukan dengan cara menyemprotkan air melalui shower atau alat semprotan lainnya. Sebenarnya teknik ini tidaklah baik untuk kesehatan vagina. 

Pasalnya, semburan air yang terlalu kencang justru akan membunuh lactobacilli (bakteri baik). Nah, bakteri baik tersebutlah yang bertugas untuk meyeimbangkan kadar pH pada miss v. Oleh karena itu, kita tidak boleh membersihkan vagina dengan teknik douching tersebut. 

5. Gunakan Sabun Pembersih Khusus

Guna menjaga kesehatan dan kebersihan area miss v, ada baiknya jika kita menggunakan sabun pembersih khusus yang mengandung prebiotic serta berbahan alami. 

Sebab sabun yang beraroma kuat bisa menyebabkan iritasi hingga reaksi alergi pada vagina. Dengan kata lain, kita harus menggunakan sabun pembersih yang tidak mengandung pewangi dan bertekstur lembut. 

6. Menggosok Area Miss V Dengan Handuk yang Lembut dan Bersih

Tips yang berikutnya ini merupakan cara paling umum dalam merawat kebersihan dan kesehatan miss v. Dalam hal ini, kita tidak boleh menggosokan handuknya dengan kuat karena bisa merusak jaringan vulva. 

Disini kita hanya perlu melakukannya dengan cara menepuk area vagina dengan lembut sampai kering menggunakan handuk bersih. Apabila bagian vulva terasa sakit dan mengalami iritasi, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. 

Nah, itulah beberapa tips simple dalam merawat miss V.