Cara menambah berat badan tentunya menjadi hal penting yang wajib dilakukan oleh mereka yang berat badannya di bawah ideal. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan berat badan. Ya, salah satunya dengan menambah porsi atau intensitas makan. 

Namun, kita juga harus memperhatikan asupan makanan penambah berat badan serta kandungan gizi yang ada di dalamnya. Nah, untuk kamu yang ingin meningkatkan berat badan, maka konsumsilah 5 jenis makanan seperti di bawah ini:

1. Umbi-umbian 

Terdapat berbagai jenis umbi-umbian yang diyakini dapat meningkatkan berat badan, seperti singkong, kentang, dan ubi jalar. Menurut para ahli gizi ternama dunia, yang menyebutkan bahwa ketiga jenis umbi-umbian tersebut merupakan sumber karbohidrat kompleks. 

Bukan hanya itu, bahkan ketiga jenis umbi-umbian ini juga kaya akan kandungan kalori. Dalam 100 gram kentang terdapat sekitar 62 kalori dan 13,5 gram karbohidrat. Selain dapat menambah asupan kalori harian, kandungan karbohidrat pun akan menyediakan energi dalam bentuk glukosa dan sebagiannya lagi akan disimpan dalam tubuh sebagai glikogen. 

2. Pasta

Jika kamu sudah merasa bosan dengan sumber karbohidrat yang itu-itu saja, maka pasta bisa dijadikan sebagai alternatif terbaiknya. Pasalnya, kuliner yang satu ini mampu memenuhi asupan kalori untuk tubuh. 

Adapun salah satu jenis pasta yang paling banyak diminati, yakni berupa spaghetti. Hal itu bukan tanpa alasan, karena pada 100 gram penyajian spaghetti terkandung 139 kalori dan 22,6 gram karbohidrat. Guna memenuhi kebutuhan kalori untuk menambah berat badan, maka kamu bisa mengolah pasta tersebut dengan saus Bolognese dan parutan keju.   

Baca juga: 7 Makanan Khas Lampung Favorit Dijadikan Oleh-Oleh

3. Daging Merah

Menurut informasi yang didapat, daging merah dari sapi, kambing, dan kerbau kaya akan kandungan protein sehingga sangat membantu dalam pembentukan massa otot. Terlebih jika didukung dengan kegiatan olahraga secara rutin, sehingga kamu akan mendapatkan berat badan yang ideal dalam waktu singkat. 

Sebagai menu makanan penambah berat badan, sebaiknya kamu memilih potongan daging berlemak yang lebih banyak kalori. Sebab dalam 100 gram daging sapi berlemak terkandung sekitar 273 kalor, 17,5 gram protein, dan 22 gram lemak. 

Meski demikian, bukan berarti juga bahwa kamu bisa mengonsumsi daging merah sepuasnya. Dengan kata lain, kamu jangan sampai mengonsumsi daging merah secara berlebihan ya!

4. Ikan Salmon

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa salmon merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan kandungan protein dan leak sehat. Bukan hanya itu, bahkan ikan salmon dilengkapi dengan kandungan asam lemak omega-3 yang sangat bagus untuk memperbaiki fungsi organ maupun kesehatan psikologis. 

Pada 100 gram ikan salmon terdapat 208 kalori, 20,4 gram protein, dan 13,4 gram lemak sehat. Agar tidak mengurangi kandungan gizinya, sebaiknya ikan salmon ini jangan diolah dengan cara digoreng. Kamu harus mengolah ikan salmon dengan cara dikukus, di tumis, atau di panggang. 

5. Kacang-kacangan

Sumber protein itu tidak melulu seputar makanan-makanan berat saja. Kamu juga bisa memenuhi kebutuhan protein pada cemilan ringan seperti kacang-kacangan. Adapun mengenai jenis kacang-kacangan yang dimaksud seperti kacang almond, kacang merah, kacang polo, dan kacang mete.

Saat hendak mengolah kacang-kacangan, usahakan untuk tidak menambahkan gula atau bahan pemanis lainnya. Begitu pula dengan cara pengolahannya yang harus di sangrai dan bukan di goreng. Selain itu, kamu juga jangan sampai mengonsumsi kacang-kacangan secara berlebihan. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Stok Makanan Anak Kost Tanpa Kulkas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *