Dengan kita berdo’a, maka bisa menjadi bentuk syukur kita kepada Allah. Dengan kita memanjatkan kumpulan doa, juga bisa menjadi cara untuk memanjatkan harapan dan pengampunan terhadap dosa-dosa kita.

Banyak orang tentunya ingin doa mereka terkabul walau sebenarnya belum pasti semua doa tersebut dapat terwujud dengan segera. Tetapi kita harus terus berusaha optimis dalam menggapai suatu keinginan agar harapan tersebut nantinya menjadi kenyataan.

Berikut ini ada beberapa cara supaya doa anda cepat terkabul sesuai agama Islam.


Sebelum berdo’a, alangkah baiknya terlebih dahulu bersuci

Dianjurkan anda bersuci sebelum mulai memanjatkan doa. Walau berdoa bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun itu anda berada, hendaknya kita mengambil wudhu supaya terhindar dari najis. 

Kalau anda sudah suci, maka berdoa bisa dilakukan dengan lebih khusyuk dan nyaman. 


Memuji Allah dan akhiri dengan sholawat

Kiat selanjutnya supaya doa anda cepat terkabul yaitu mulai doa tersebut dengan memanjatkan pujian terhadap Allah SWT lewat bacaan dzikir. Bacaan ini lebih harus dilakukan dengan ikhlas.

Allah SWT ialah Tuhan tempat setiap umat muslim meminta pertolongan dan keinginan. Hanya Dia-lah Maha Pemberi segala sesuatunya. Maka dari itu, memuji lalu meminta hanya kepada Sang Maha Pencipta Allah SWT.

Sebelum anda mengakhiri doa, anda bisa membaca sholawat. Rasulullah SAW adalah nabi terakhir dan satu-satunya yang bisa memberi syafaat kepada umat Islam saat di akhirat. Oleh karena itu, kita perlu mencintai Rasulullah SAW.

Ada salah satu hal yang membuktikan cinta tersbut yaitu dengan kita membacakan sholawat yang dilakukan secara ikhlas. 


Angkat dua tangan dan menghadap kiblat

Kiat lainnya yaitu menghadap ke kiblat lalu berdo’a dengan mengangkat dua tangan. Rasulullah pernah bersabda kalau sesungguhnya Allah Maha Pemurah kepada hamba-Nya yang mengangkat dua tangannya saat berdoa.


Pelan-pelan dan memelankan suara

Kiat berdo’a lain yaitu memelankan suara anda dengan lembut pada saat meminta ampunan kepada Allah. Di samping itu, lebih baik jangan terburu-buru ketika berdo’a, lakukan do’a tersebut dengan khusyu. 

Ada salah satu ayat Alquran yang menjelaskan tentang hal ini yaitu Q.S Al Anbiya’ : 90 dengan arti sebagai berikut:

“Sesungguhnya, mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) segala kebaikan, dan mereka berdoa kepada Kami dengan penuh harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyuk kepada Kami.”


Do’a dengan penuh harapan

Ada lagi kiat supaya do’a kita cepat terkabul sesuai Islam yaitu dengan berdoa sepenuh hati dengan pengharapan penuh kepada Allah. Ada beberapa hadist yang menjelaskan tentang hal satu ini, salah satunya seperti yang diriwayatkan Abu Hurairah r.a.

Rasulullah SAW telah bersabda, “Berdoa kepada Allah dengan harapan akan dikabulkan. Karena Allah tidak akan menerima doa dari hati yang lalai dan kosong dari harapan pada H.R. At-Tirmidzi.


Do’a dengan diselingi keyakinan

Bukan hanya berdo’a dengan penuh harapan saja, berdoa juga harus secara yakin. Jadi anda jangan sampai ragu pada saat memanjatkan doa tersebut. Keyakinan ditunjukkan baik itu bisa secara lisan atau pun di dalam hati.


Sungguh-sungguh berdo’a

Kiat yang terakhir yaitu umat Islam hendaknya berdoa dengan bersungguh-sungguh agar keinginannya didengar dan diwujudkan Allah SWT. Allah SWT telah berfirman pada surat Al A’raf: 56 dengan arti “Dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.”