Sholawat adalah salah satu amalan yang dianjurkan bagi umat muslim, memiliki berbagai macam keutamaan bagi kehidupan kita di dunia maupun di akhirat. Berikut ini adalah salah satu contoh bacaan sholawat, yaitu sholawat Ibrahimiyah:

لَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ و بَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدُ مَجِيْدٌ

Allahumma sholli ‘alaa Sayyidina Muhammadin wa ‘alaa Aali Sayyidina Muhammadin, Kamaa shollaita ‘alaa Sayyidina Ibraahiima wa ‘alaa Aali Sayyidina Ibrahiima, wa Baarik ‘alaa Sayyidina Muhammadin wa ‘alaa Aali Sayyidina Muhammadin, Kamaa Baarakta ‘alaa Sayyidina Ibraahima wa ‘alaa Aali Sayyidina Ibraahima, Fil ‘Aalamiina innaka hamiidun Majiid.

Artinya:

Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.


Keutamaan Membaca Sholawat

1. Mendapat 10 Kebaikan dari Allah SWT

Dengan bersholawat hanya satu kali saja, kita bisa mendapatkan balasan 10 kebaikan yang diberikan kepada kita dari Allah SWT. Hal ini disebutkan dalam dua hadits, yang berbunyi sebagai berikut.

    “Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim)

    “Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah Azza wa Jalla mencatat untuknya sepuluh kebaikan.” (HR. Ahmad)

2. Satu Kali Sholawat, Menghapus 10 Dosa

Selain mendapatkan kebaikan, bersholawat juga bisa menghapuskan dosa yang kita miliki. Hanya dengan satu kali bersholawat, kita bisa mendapatkan ampunan atau penghapusan sepuluh dosa yang kita miliki.

Rasulullah SAW pernah bersabda dalam sebuah hadits:

    “Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh sholawat dan menghapus darinya sepuluh dosa.” (HR. Ahmad)

3. Allah Mengangkat Derajatnya 10 Kali

Selain menghapus sepuluh dosa, Allah SWT juga akan mengangkat derajat seseorang yang rajin mengamalkan Sholawat Nabi, hal itu tercantum dalam sebuah hadits yang berbunyi sebagai berikut:

    “Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh sholawat, menghapus darinya sepuluh dosa dan mengangkat derajatnya sepuluh derajat.” (HR. An Nasa’i)

4. Mendapat Syafaat Rasulullah SAW

 Orang yang seringkali melafalkan atau mengamalkan sholawat, kelak ia akan mendapatkan pertolongan dari Nabi Muhammad di hari akhir. Sesuai dengan sabda Rasulullah dalam sebuah hadits:

 “Orang yang paling berhak mendapatkan syafa’atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku.” (HR. Tirmidzi)

    “Barangsiapa yang bersholawat kepadaku di pagi hari 10 kali dan di sore hari 10 kali, maka dia akan mendapatkan syafaatku pada hari kiamat.” (HR. at-Tabrani).

5. Menjadi Orang Paling Dekat dengan Nabi

Sholawat merupakan salah satu bukti kecintaan para umat kepada Rasulullah SAW. Dengan bersholawat, kita bisa menjadi orang yang paling dekat dengan Nabi. Seperti yang telah disebutkan dalam sebuah hadits:

 “Perbanyaklah bersholawat kepadaku pada hari Jumat, karena sesungguhnya sholawat umatku diperlihatkan kepadaku pada setiap hari Jumat. Siapa saja yang paling banyak sholawatnya, maka ia menjadi orang paling dekat kedudukannya dariku.” (HR. Baihaqi) 

6. Dimudahkan Terkabulnya Doa

Rajin melafalkan Sholawat Nabi akan mendapatkan salah satu keutamaan yaitu dimudahkan terkabulnya doa oleh Allah SWT.

    “Setiap doa akan terhalang hingga diucapkan sholawat kepada Muhammad.” (HR. Thabrani)

7. Dimudahkan Masuk Surga

Dalam sebuah hadits, keutamaan orang yang sering membaca Sholawat Nabi akan diberi kemudahan untuk masuk surga.

    “Barangsiapa yang aku disebutkan di sisinya lalu ia tidak mengucapkan sholawat kepadaku, maka ia akan disimpangkan dari jalan surga.” (HR. Thabrani)

Baca Juga : 7 Doa Amalan Harian

Itulah beberapa manfaat serta keutamaan yang bisa kita dapatkan dari mengamalkan sholawat, semoga kita senantiasa diberika kemudahan dalam mencari ridho Allah, diberi ampunan dari dosa-dosa yang telah kita perbuat, serta senantiasa mendapatkan kebaikan untuk dunia dan akhirat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *