Hadits Tentang Sabar dan Keutamaannya, Sudah Tahu Belum?

Sumber: Kumparan.com

Meski tidak mudah dilakukan dan selalu saja ada ujiannya, namun sabar adalah salah satu sifat mulia yang dicintai Allah SWT. Perlu diketahui, jika Allah SWT menjanjikan pahala dan berkah yang banyak kepada hamba-Nya yang senantiasa sabar dalam menjalani kehidupan. Terutama saat sedang dalam masa – masa sulit atau mendapatkan musibah. 

Tentang sabar sudah termaktub dalam Al Quran dan hadis. Artinya, sabar merupakan sifat yang diperintahkan langsung oleh Allah SWT. Berikut dibawah ini terdapat 4 hadits tentang sabar dan keutamaannya :

Sabar Membuat Kita Bisa Bertemu Dengan Nabi Muhammad SAW

Sumber: IQNA

Dengan sabar maka kita bisa bertemu dengan baginda Nabi Muhammad SAW, hal itu termaktub dalam Hadits Riwayat Bukhari No. 3792 Fathul Bari Shahih, yang artinya :

“Dari Usaid bin Hudlair radliallahu anhum; ada seseorang dari kalangan Anshar yang berkata; ‘Wahai Rasulullah, tidakkah sepaputnya baginda mempekerjakanku sebagaimana baginda telah memperkerjakan si fulan?’. Beliau menjawab : ‘Sepeninggalku nanti, akan kalian jumpai sikap – sikap utsrah (individualis, egoism, orang yang mementingkan dirinya sendiri). Maka itu bersabarlah kalian hingga kalian berjumpa denganku di telaga al-Haudl (di surga).” (HR. Bukhari) [No. 3792 Fathul Bari] Shahih. 

Bersikap Sabar Bisa Mendapatkan Ganjaran Surga

Sumber: IDN Times

Dengan bersikap sabar juga kita bisa mendapatkan ganjaran surga. Hal itu sudah termaktub dalam Hadits Riwayat Bukhari No 6424 Fathul Bari Shahih, yang artinya :

“Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda : ‘Allah Ta’ala berfirman : Tidak ada balasan yang sesuai disisi-Ku bagi hamba-Ku yang beriman, jika aku mencabut nyawa orang yang dicintainya di dunia, kemudian ia rela dan bersabar kecuali surga.” (HR. Bukhari) [No. 6424 Fathul Bari] Shahih. 

Sifat Sabar Mencegah Kita Dari Kemungkaran

Sumber: Suara Jogja

Dengan memiliki sifat sabar maka kita bisa terhindar dari kemungkaran. Hal itu sudah tertulis dalam Hadits Riwayat Bukhari No. 4652 Fathul Bari Shahih, yang artinya :

“Dari Ibnu Abbas radliallahu anhuma tatkala turun ayat : ‘Jika ada dua puluh orang yang sabar di antaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. Dan jika ada seratus orang yang sabar diantaramu, niscata mereka akan dapat mengalahkan seribu dari pada orang kafir…’ (Surat Al Anfal : 65). Maka diwajibkan kepada mereka tidak ada seorang pun yang lari dari sepuluh orang. 

Abu Sufyan berkali – kali mengatakan : ‘Jangan sampai ada yang lari dua puluh orang dari dua ratus orang.’ Kemudian turunlah ayat : ‘Sekarang Allah telah meringankan kepadamu.’(Al Anfal : 66). Maka diwajibkan jangan sampai ada yang lari sebanyak seratus orang dari dua ratus orang. Sufyan menambahkan juga; telah turun ayat; ‘Hai Nabi, kobarkanlah semangat para mukmin untuk berperang. Jika ada dua puluh orang yang sabar diantaramu…’ (Al Anfal : 65). Sufyan berkata; dan Ibnu Syubrumah berkata; ‘Aku melihat seperti inilah menyuruh kebaikan dan mencegah kemungkaran.” (HR. Bukhari) [No. 4652 Fathul Bari] Shahih. 

Allah SWT Menjanjikan Ganjaran Kebaikan Bagi Hamba-Nya Yang Sabar

Sumber: Kampus Itah News

Allah SWT telah berjanji akan memberikan ganjaran kebaikan bagi hamba-Nya yang bersabar. Hal itu sudah termaktub dalam sebuah Hadits Rasulullah SAW, yang artinya :

“Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda : ‘Ketika terjadi musibah pada seorang hamba, baik pada badannya, hartanya atau anaknya kemudian dia menghadapinya dengan kesabaran yang baik, maka pada hari kiamat Allah malu untuk memasang timbangan baginya dan malu untuk membentangkan buku catatan amalannya.’”

Baca juga: Beberapa Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *