Suzuki Grand Vitara merupakan salah satu produksi besutan Suzuki yang awalnya Suzuki Vitara. Grand Vitara merupakan salah satu generasi dari Suzuki Vitara dengan ukuran dan luas kabin yang lebih besar. Dan jika anda mencari Vitara namun yang tampak Escudo, maka tidak perlu khawatir. Keduanya adalah produk yang sama hanya berbeda nama. Kendaraan SUV yang diproduksi secara global sejak tahun 1998 ini memiliki beberapa nama di negara yang berbeda. Ada sebutan Sidekick di Amerika, Grand Vitara di Inggris dan Grand Escudo yang memiliki ukuran lebih besar. Kendaraan ini sangat diminati masyarakat dunia. Jika anda tertarik dengan harga dan spesifikasi Suzuki Grand Vitara, berikut ini hal-hal yang perlu diketahui.


1. Harga baru

Suzuki Grand Vitara generasi awal yang dirilis di Indonesia berlangsung pada tahun 1992, dan generasi yang bernama Suzuki Grand Vitara XL7 juga diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2003. Produk terbarunya memiliki beberapa variasi Vitara, antara lain Grand Vitara 1.6L dan Grand Vitara 2.0L. Harga generasi terbaru lebih dari Rp 200 jutaan. Jika tidak ada sebutan Vitara, anda tidak perlu bingung karena Suzuki Grand Vitara memiliki nama lain berupa Grand Escudo atau XL7.


2. Harga bekas

Bagi anda yang mau memiliki mobil Suzuki Grand Vitara, ada kabar bahagia. Anda tetap bisa mendapatkan mobil SUV keren dan tangguh ini dengan harga terjangkau melalui produk bekasnya. Tidak perlu khawatir, masih ada banyak produk bekas dengan kualitas seperti baru. Nah, harga bekas Grand Vitara pun murah yakni dari Rp 30 juta hingga Rp 70 jutaan. Jika beruntung, anda bisa dapatkan yang persis Grand Vitara baru dengan harga lebih murah.


3. Interior

Suzuki Grand Vitara merupakan SUV yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti power window, central lock, dan power mirror. Setelah itu, Grand Vitara atau XL7 sudah memiliki sistem audio dengan layar sentuh, dan layar MID (Multi Information Display) juga tersedia. Jangan lupakan sistem koneksi Bluetooth yang bisa terkoneksi dengan smartphone. Kedua, penyetelan AC dilengkapi dengan model digital, pegangannya terbuat dari kulit dan memiliki kenop kontrol audio. Dan varian terendah dilengkapi dengan meter cluster Optitron, AC, ventilasi listrik, dan sensor kualitas udara.

Grand Vitara memiliki penerangan kabin lengkap dengan dimmer, immobilizer, wiper interval waktu alarm dan wiper belakang interval. Dan Grand Vitara varian 2.0L memiliki jok kulit berkualitas tinggi yang nyaman.


4. Eksterior

Secara umum, Grand Vitara memiliki tampilan yang bongsor dan tangguh. Desainnya terkesan klasik namun sporty. Eksterior Grand Vitara sangat khas dengan karakteristik kendaraan besutan Suzuki. Lalu pada tahun 1997, perubahan terjadi pada bagian dashboard Vitara.


5. Fitur keamanan

Perangkat keselamatan Suzuki Grand Vitara terbilang cukup lengkap. Mobil Suzuki ini dilengkapi dengan rem ABS dan dua airbag untuk penumpang. Selain itu, ada beberapa fitur  keselamatan lainnya seperti sabuk pengaman kemudi dan jok belakang.


6. Sistem transmisi

Suzuki Grand Vitara memiliki dua jenis transmisi, manual dan otomatis, dengan variasi 1.6 liter dan 2.0 liter. Suzuki telah mengubah mesin Grand Vitara XL7 menjadi katup V6.16 6 silinder dengan unit 2.500 cc H25A, 156 hp dan katup DOHC dengan torsi maksimum 213 Nm. 

Dan Grand Vitara tersedia dalam dua varian, transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan. Sayangnya, varian Grand 1.6L hanya menawarkan sistem transmisi manual.


7. Pilihan warna

Pilihan warna  Suzuki Grand Vitara atau Suzuki XL7 antara lain Prime Cool Black, Pearl Burgundy Red, Pearl Snow White, Magma Grey Metallic, Rising Orange and Black, Brave Khaki and Black, dan Prime Cool  dari beberapa variasi yang tersedia.


8. Keunggulan Grand Vitara

Suzuki Grand Vitara merupakan SUV yang nyaman. Suzuki Grand Vitara dapat menampung hingga 5 penumpang sekaligus. Interior mobil dengan panjang total 4.178 mm, lebar total 1.781 mm, dan tinggi total 1.709 mm ini cukup lega. Oleh karena itu, setiap orang dapat berkendara dengan nyaman, bahkan jika mereka telah berkendara selama berjam-jam. Variasi Grand Vitara 2.0L adalah akselerasi yang lebih halus dan lebih bertenaga dibanding varian 1.6L. Fungsinya juga sangat substansial.

Itulah ulasan mengenai harga dan spesifikasi Suzuki Grand Vitara. Anda tidak perlu khawatir atau bingung setelah membeli mobil ini. Mobil ini sangat mudah dirawat berkat teknologi injeksi yang disematkan padanya. Sehingga mobil ini menjadi sangat mudah dibersihkan. Jika Anda membutuhkan SUV dengan harga terjangkau, Anda dapat memilih Grand Vitara bekas. Jangan ragu, masih banyak Suzuki Grand Vitara bekas yang punya performa dan kualitas bagus. Jadi Anda bisa mencobanya sendiri dengan mencari Grad Vitara yang tepat sesuai keinginan dan kebutuhan.