Setiap melakukan gerakan-gerakan sholat, kita harus membaca doa tertentu yang sesuai, serta kita bisa meminta doa yang diinginkan di waktu terbaik, seperti dilakukan ketika sujud terakhir dengan mengucap tiga doa. Biasanya doa tidak langsung dikabulkan, tetapi bukan berarti Anda langsung berhenti berdoa.

Anda perlu amalkan tiga doa di sujud terakhir ini hingga Allah menentukan waktu yang tepat untuk mengabulkan doa Anda. Berikut ini terdapat tiga doa di sujud terakhir yang perlu Anda hafalkan dan amalkan agar doa bisa diijabah oleh Allah, antara lain:

1. Memohon agar bisa wafat dalam keadaan husnul khatimah

Doa yang perlu Anda amalkan di sujud terakhir yaitu memohon agar dapat wafat dalam keadaan husnul khatimah. Makna dari husnul khatimah sendiri yaitu akhir yang baik, sehingga banyak umat muslim yang memohon doa ini agar bisa meninggal dalam kondisi terbaik.

Berikut ini terdapat doa yang perlu Anda ucapkan untuk memohon agar bisa wafat dalam keadaan husnul khatimah, yaitu:

اللهم إني أسألك حسن الخاتمة

Allahumma inni as’aluka husnal khatimah

Artinya: “Ya Allah aku meminta kepada-Mu husnul khatimah.”

2. Memohon kepada Allah agar dapat wafat di keadaan sudah bertobat

Siapa yang tidak mau meninggal dalam keadaan sudah bertobat? Pasti semua muslim ingin meninggal dalam keadaan ini. Meskipun manusia tak luput dari dosa, tetapi bisa menggugurkan dosa-dosa tersebut dengan sungguh-sungguh.

Jika Anda bertobat dengan niat agar bisa diampuni oleh Allah, maka Insya Allah akan memaafkan Anda dan dosa-dosa Anda yang telah diperbuat selama hidup di bumi. Anda juga bisa amalkan bacaan doa di sujud terakhir, yaitu:

اللهم ارزقني توبتا نصوحا قبل الموت

Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut

Artinya: “Ya Allah berilah aku rezeki taubat nasuha (atau sebenar-benarnya taubat) sebelum wafat”

3. Memohon agar bisa wafat dalam agama-Nya

Anda bisa memanjatkan doa agar bisa wafat dalam agama-Nya atau tetap dalam keadaan beragam di sujud terakhir. Seperti yang kita tahu, manusia tidak luput dari dosa, kesalahan, dan iman mudah goyah, sehingga Anda harus memperkuatkan diri dengan berdoa.

Dengan mengamalkan doa, maka hati dan iman Anda akan selalu untuk-Nya hingga maut menjemput masih dalam keadaan berpegang teguh dalam agama islam. Berikut ini terdapat bacaan doa yang dapat Anda baca pada sujud terakhir, yaitu:

اللهم يا مقلب القلوب ثبت قلبي على دينك

Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘ala diinika

Artinya:  “Ya Allah wahai sang pembolak balik hati, tetapkanlah hatiku pada agama-MU”

Ciri-Ciri Seorang Muslim Meninggal dalam Keadaan Husnul Khotimah

Setelah mengetahui tiga doa yang bisa Anda baca di sujud terakhir yang mana sebagian besar ingin wafat dalam kondisi terbaik, Anda juga perlu mengetahui ciri seorang muslim yang meninggal dalam keadaan husnul khotimah dibawah ini:

– Mengucapkan kalimat syahadat 

– Mati syahid, seperti meninggal karena wabah, menderita sakit perut, tenggelam, tertimpa reruntuhan, dan mati syahid di jalan Allah

– Wafat dalam keadaan melakukan amal shalih

– Ribath (tempat Latihan untuk calon sufi seperti syaikh, mursid, mu’id, dan mufid) di jalan Allah SWT 

– Ketika sedang hamil

– Wafat ketika kening berkeringat

– Dibegal atau harta dirampas oleh orang lain

Itulah ulasan mengenai tiga bacaan doa yang bisa Anda ucapkan saat sujud terakhir hingga ciri-ciri seorang muslim yang meninggal dalam keadaan husnul khatimah. Apakah Anda sudah hafal bacaan tiga doa di sujud terakhir?

Baca juga: Dzikir dan Doa-doa Setelah Sholat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *