4 Makanan Ringan Khas Jakarta Yang Terkenal Lezat

Seperti yang diketahui bahwa Indonesia memiliki banyak suku mulai dari Sabang hingga Merauke. Suku Betawi adalah salah satunya. Umumnya suku betawi tinggal di Jakarta. Betawi memiliki beragam adat serta budaya. Selain itu juga betawi memiliki beragam makanan khas yang lezat dan terkenal. Mulai dari kuliner yang berbentuk makanan ringan hingga makanan berat yang bisa disantap bersama nasi. Bahkan makanan khas yang beragam itu digemari para turis baik lokal ataupun mancanegara. Kamu yang suka wisata kuliner, jangan ketinggalan untuk cicipi berbagai kuliner khas Jakarta yang terkenal lezat itu. 

Jika kamu sedang ingin cicipi kuliner khas Jakarta berupa makanan ringan, maka berikut dibawah ini ada rekomendasi beberapa makanannya yang terkenal lezat, diantaranya yaitu :

  1. Roti Buaya


Tentunya kamu sudah tidak asing lagi kan dengan kuliner khas Jakarta yang satu ini? Roti Buaya memang kerap dijadikan sebagai hantaran seserahan saat upacara pernikahan dalam budaya betawi. Biasanya pihak lelaki yang akan memberikan roti buaya ini kepada pihak perempuan. Sebenarnya kuliner khas ini sarat akan makna yang berarti lambang kesetiaan bagi pasangan. 


Jika dulu roti buaya dibuat tanpa rasa, namun kini seiring dengan perkembangan zaman, roti buaya hadir dengan beragam rasa dan isian. Misalnya saja roti buaya dengan isian selai. Kamu juga bisa menemukan roti ini tidak hanya ketika ada acara nikahan saja. Namun, bisa juga mendapatkannya sebagai oleh oleh khas ibu kota di toko oleh oleh yang ada disekitaran Jakarta. 


  1. Dodol Betawi


Awalnya, dodol betawi juga kuliner khas Betawi yang banyak ditemukan pada hari hari tertentu saja, seperti pada saat lebaran Idul Fitri ataupun Idul Adha. Bahan pembuatan dodol ini yaitu ketan hitam atau ketan putih. Yang membuat kuliner ini unik adalah proses pembuatannya yang membutuhkan waktu cukup lama. 


Namun kini untuk menyantap dodol betawi tidak perlu menunggu lebaran tiba. Karena kuliner ini bisa didapatkan di toko oleh oleh. Rasanya yang legit dan lembut di mulut membuat dodol sangat cocok dijadikan sebagai teman untuk minum teh saat siang ataupun sore hari. 


  1. Roti Gambang


Bisa dibilang roti gambling ini kini mulai sulit ditemukan. Namun, bukan berarti tidak ada sama sekali, karena masih ada toko toko kue yang menjual kuliner khas Jakarta ini. Sekilas roti gambang tampak mirip dengan bolu dan memang salah satu jenis bolu. Namun disisi lain, roti gambang berbeda dengan bolu biasanya. Yaitu roti gambang tidak menggunakan gula putih sebagai pemanisnya, melainkan menggunakan gula merah. Sehingga tidak heran jika roti gambang kebanyakan berwarna cokelat alami dan bukan dari pewarna buatan. 


Roti buaya selain dijadikan sebagai oleh oleh kuliner khas Jakarta, namun kerap juga disajikan pada saat acara perkumpulan bersama keluarga dan kerabat ataupun acara acara tertentu lainnya seperti pernikahan. 


BACA JUGA : TEMPAT MAKAN DI JAKARTA


  1. Kue Pancong


Kue pancong yang berbentuk setengah lingkaran ini terbuat dari tepung beras, santan, kelapa, juga garam. Sebagai pemanisnya, kue pancong menggunakan gula pasir. Kini, kue pancong semakin beragam dengan berbagai pilihan rasa yang bisa disesuaikan dengan selera masing masing orang. Begitu pun dengan toppingnya, bahkan ada beberapa penjual kue pancong yang menambahkan parutan keju untuk meningkatkan cita rasa unik dari kuliner khas ini. Selain itu juga tampilannya dibuat tampak semakin menarik ketika disajikan.