Fadhilah dari Doa Nabi Yunus yang Perlu Diketahui

Dalam kehidupan, pasti akan ada yang namanya masalah. Baik itu masalah kecil maupun masalah besar. Bahkan, ada juga masalah yang membuat Anda putus asa dan ingin menyerah. Saat seperti itulah, ingin rasanya mengakhiri hidup agar terbebas dari semua masalah yang ada.

Namun, sebelum Anda menyerah, ingatlah bahwa Tuhan tidak akan memberi cobaan yang tidak bisa diatasi oleh hambanya. Sebab itu, Anda harus terus berusaha dan berdoa, supaya bisa melewati setiap ujian yang diberikan. Ya, salah satu doa yang mustajab adalah doa Nabi Yunus.

Doa Nabi Yunus juga bisa disebut sebagai doa keluar dari kesulitan. Hal ini berdasarkan kisah Nabi Yunus AS yang mengalami berbagai kesulitan saat melakukan dakwah untuk menyebarkan agama Allah SWT. Jika Anda penasaran dengan kisah dibalik doa Nabi Yunus. Simak ulasan berikut ini.

Kisah Nabi Yunus Saat Ditelan Ikan Paus

Kisah Nabi Yunus menjadi salah satu kisah nabi yang fenomenal. Sebab, Nabi Yunus mendapatkan banyak sekali cobaan yang membuatnya merasa putus asa dalam menghadapi segala ujian yang diberikan oleh Allah SWT.

Nabi Yunus adalah salah satu nabi yang diutus Allah SWT untuk bangsa Ninawa, yang hidup di negeri Mousul Iraq. Nabi Yunus mendapatkan tugas untuk mengajak kaum Ninawa bertaubat dan mengakhiri semua kesesatan yang selama ini sudah mereka jalani. Akan tetapi ajakan tersebut ditolak mentah-mentah oleh kaum Ninawa.

Sikap kaum Ninawa membuat Nabi Yunus merasa putus asa marah. Dalam kemarahannya tersebut, beliau mengancam kaum Ninawa dengan adzab yang diberikan oleh Allah SWT. Tiga hari berselang, adzab pun dijatuhkan kepada kaum Ninawa. Setelah menerima adzab, kaum Ninawa pun akhirnya percaya dengan Nabi Yunus dan menyatakan keimanannya kepada Allah SWT.

Di lain sisi, Nabi Yunus yang sudah kecewa meninggalkan kaumnya dan menaiki perahu bersama beberapa kaumnya yang beriman kepadanya. Selang beberapa waktu, perahu kecil tersebut diterjang ombak yang sangat besar. sehingga semua penumpang ketakutan karena dihadapkan dengan kematian.

Dihadapkan dengan kondisi tersebut, mereka melakukan undian agar salah satu penumpang kapal dilempar ke laut dengan tujuan untuk mengurangi beban kapal. Pada undian yang diulang beberapa kali tersebut, Nabi Yunus lah yang harus keluar dari perahu. Setelah Nabi Yunus melemparkan dirinya ke laut, ada seekor ikan yang besar menelannya.

Dalam perut ikan paus tersebut, Nabi Yunus diuji dengan tiga kegelapan yang membuatnya putus asa. Adapun tiga kegelapan tersebut sebagai berikut:

  1. Kegelapan malam tanpa cahaya.

  2. Kegelapan dasar laut.

  3. Kegelapan di dalam perut ikan paus.

Selama kondisi tersebut, Nabi Yunus tidak hentinya melantunkan dzikir kepada Allah SWT. Selama berada di perut ikan paus tersebut. Nabi Yunus akhirnya menyadari semua kesulitan yang diterimanya merupakan ujian dari Allah SWT, karena dosa dan kesalahan yang telah beliau lakukan. 

Baca Juga : doa untuk orang tua yang sudah meninggal

Fadhilah Dibalik Doa Nabi Yunus

Doa Nabi Yunus memang sangat singkat dan sederhana. Akan tetapi, mempunyai segudang fadhilah yang sangat hebat. Sehingga ada banyak sekali orang yang mengamalkan doa ini setiap harinya. Berikut ini beberapa fadhilah dari doa Nabi Yunus.

  1. Sebagai bentuk pengakuan atas keesaan Allah SWT.

  2. Sebagai bentuk pengakuan atas kesalahan dan kekurangan diri

  3. Sebagai bentuk permohonan ampun dari segala dosa yang pernah dilakukan.

Nah, itu dia kisah dibalik doa Nabi Yunus yang perlu Anda ketahui sebelum mengamalkan bacaan tersebut setiap harinya. Dengan mengamalkan bacaan ini secara rutin dan tidak henti-hentinya, Anda akan menerima ketiga fadhilah yang sudah disebutkan sebelumnya.