Tanaman yang mudah ditemui di sekitar rumah dan banyak dijual di pasar dengan harga yang sangat terjangkau adalah singkong. Singkong atau dikenal dengan ketela pohon ini adalah bahan makanan pokok yang banyak dikonsumsi oleh beberapa daerah di Indonesia. Kandungan karbohidrat singkong cukup tinggi sehingga membuatnya dianggap mampu memberikan energi untuk melakukan berbagai aktivitas. 

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Semur Ayam Kecap yang Enak, Bikin Nambah Terus!

Melimpahnya singkong di Indonesia membuat semakin beragamnya olahan makanan dari tanaman ini, termasuk diolah menjadi jajanan pasar yang akan memanjakan lidah siapa saja yang mencicipinya. Berikut dibawah ini 10 Aneka makanan indonesia dari singkong yang siap memanjakan lidah, diantaranya yaitu :

  1. Cenil Jajanan Pasar Warna Warni Dengan Taburan Parutan Kelapa Yang Manis

Biasanya jajanan pasar ini disiram gula merah cair. Di beberapa daerah di sebut cenil, tetapi ada juga yang menyebutnya klanting. Kalau di tempat kamu, jajanan pasar lezat ini namanya apa?

  1. Tape Atau Peuyeum Singkong Jajanan Pasar Yang Manis

Tape atau peuyeum singkong adalah hasil fermentasi singkong yang ditaburi ragi. Jajanan pasar ini cukup terkenal di bebeberapa daerah di Indonesia. Biasanya dijadikan sebagai isian es campur. 

  1. Timus Jajanan Pasar Berwarna Cokelat Yang Dibungkus Daun Hijau

Timus adalah olahan parutan singkong yang dipadukan dengan kelapa merah dan kelapa yang sangat cocok dinikmati selagi masih hangat. Semakin nikmat rasanya saat dinikmati dengan air teh panas. 

  1. Comro Jajanan Pasar Gurih Diluar Dan Pedas Asin Didalam 

Comro atau oncom di jero (dalam) ini jajanan pasar yang sangat populer di Jawa Barat. Saat menikmati comro akan dirasakannya perpaduan asin, pedas, dan gurih. Paket komplit kan?

  1. Gethuk Jajanan Pasar Yang Sampai Ada Lagunya “Gethuk Asale Soko Telo”

Gethuk adalah jajanan pasar yang populer di tengah masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bahkan sampai ada lagunya “Gethuk asale soko telo, moto ngantuk iku tambane opo…” Pastinya kamu pernah kan coba jajanan pasar ini?

  1. Rondo Royal Jajanan Pasar Yang Rasanya Tidak Terdeskripsikan

Rondo royal adalah jajanan pasar dari tape atau peuyeum yang diselimuti tepung beras, lalu digoreng. Jajanan pasar tradisional ini dikenal luas di Jepara, Jawa Tengah. 

  1. Sawut Singkong Jajanan Pasar Kecil, Ngumpul, Tetapi Manis

Jajanan pasar ini terbuat dari singkong yang diparut kasar, sehingga menghasilkan tekstur sawut (seperti serabut). Biasanya sawut singkong dilengkapi dengan parutan kelapa yang menambah kelezatannya. 

  1. Ongol Ongol Singkong Jajanan Pasar Berbentuk Sate Pelangi Dari Jawa

Jajanan pasar ongol ongol singkong ini bentuknya warna warni dan ditusuk menyerupai sate, sehingga membuatnya berbeda dari cenil. Biasanya ongol ongol singkong ini disajikan dengan taburan kelapa, tanpa disiram gula Jawa cair. 

  1. Cemplon Jajanan Pasar Saudara Comro Tetapi Beda Karakternya

Kalau comro isinya asin pedas, nah cemplon ini rasanya manis karena berisi gula Jawa. Sangat cocok dinikmati selagi masih hangat. Apalagi jajanan pasar ini mudah ditemukan di pasar. Di daerah Sunda jajanan pasar ini namanya misro atau amis dijero (manis didalam). 

  1. Kolak Singkong Jajanan Pasar Yang Siap Menjadi Teman Setia Pas Buka Puasa Ramadhan

Kolak adalah sajian khas buka puasa. Kolak singkong bisa menjadi salah satu jajanan tradisional yang cukup populer. Biasanya kolak singkong ini dipadukan dengan pisang atau buah nangka. 

Dari kesepuluh jajan pasar dari singkong diatas, mana yang paling kamu sukai?