Blogtimmy.com – Sejak dari dulu buah buahan dari jenis sitrus dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk jeruk nipis.

Bahkan orang Indonesia sudah sedari dulu mengetahui khasiat jeruk nipis yang berlimpah. Jeruk nipis tidak hanya akan membuat masakan menjadi segar saja, tetapi juga dapat dijadikan obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit.

Meski memiliki rasa asam dan sedikit pahit, tetapi tidak sedikit orang yang mengkonsumsinya dengan berbagai cara.

Dan bahkan didalam perkembangannya, pemanfaatan jeruk nipis yang bernama ilmiah Citrus Aurantifolia ini semakin luas saja. Pemanfaatannya tidak hanya untuk kesehatan saja tetapi juga untuk kecantikan.

Lalu manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan itu apa saja? Berikut dibawah ini manfaat menggunakan jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan diantaranya yaitu:
 

1. Infeksi Virus Dan Bakteri 

Jeruk nipis bisa dimanfaatkan untuk melawan virus flu, gondongan, cacar, dan juga infeksi saluran pencernaan sertapernapasan.

Dengan mengkonsumsi air jeruk nipis juga dipercaya efektif dapat mengobati penyakit akibat bakteri seperti diare, keracunan makanan, kolera, tifus, dan juga infeksi bakteri pada usus dan saluran kencing.

2. Demam

Demam adalah gejala yang hampir ada pada semua penyakit dan sangat mengganggu. Jeruk nipis mengandung vitamin C tinggi yang dapat menurunkan suhu tubuh secara alami.

3. Dehidrasi

Segelas jeruk nipis tidak hanya menyegarkan saja, tetapi juga dipercaya efektif dapat mengatasi dehidrasi dengan cepat termasuk untuk menghilangkan gejala gejalanya seperti sakit kepala dan muntah muntah.

4. Gusi Berdarah

Senyawa flavonoid yang terkandung didalam jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan kuman dan menyembuhkaan luka, termasuk gusi berdarah.

5. Maag Dan Tukak Lambung

Dengan mengkonsumsi sari jeruk nipis dapat membantu merangsang proses detoksifikasi sistem pencernaan sehingga bisa lebih cepat sembuh tukak lambung.

Untuk mengatasi maag juga bisa memanfaatkan jeruk nipis karena bisa merangsang kelenjar di permukaan dinding lambung untuk menghasilkan lendir yang melindunginya dari iritasi.

6. Asam Urat

Air jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat melarutkan asam urat lalu membuangnya melalui urine. Zat antiradang yang dimilikinya juga bisa meringankan rasa sakit dan peradangan.

Baca juga: Apa itu Campak Pada Anak? Inilah yang Harus Anda Ketahui

7. Penyakit Kardiovaskular

Jeruk nipis mengandung serat larut dan hesperidin yang bermanfaat dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

8. Batu Ginjal

Air jeruk nipis segar jika dibandingkan dengan jeruk atau anggur mengandung asam sitrat lebih tinggi dan bermanfaat untuk mencegah pembentukan Kristal kalsium atau batu ginjal.

9. Diabetes

Serat larut didalam jeruk nipis juga dapat mengatur penyerapan gula kedalam darah dan memiliki indeks glikemik rendah.

10. Kanker

Jeruk nipis mengandung senyawa limonoid bersifat antikarsinogenik yang dapat mencegah terjadinya kanker kolon, darah, dan juga perut.

11. Anemia

Jeruk nipis juga mengandung vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi, sehingga bisa terhindar dari anemia.

12. Gangguan Pernapasan

Kandungan kamper didalam minyak kulit jeruk nipis ternyata dapat membantu mengatasi gangguan pernapasan.

Cobalah peras kulit jeruk nipis lalu hirup aromanya untuk bisa melegakan pernapasan.

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa jeruk nipis tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja tetapi juga untuk kecantikan seperti dapat membantu merawat kecantikan wajah, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan kulit, dan memelihara keindahan rambut.

Itulah manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan. Meski jeruk nipis menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, tetapi didalam menggunakannya tetap harus berhati hati.

Baca juga: Kenali Penyebab, Faktor Risiko, dan Jenis Penebalan Dinding Rahim