Blogtimmy.com – Kota Jogjakarta adalah kota yang kaya akan budaya, keramahan, dan tentu saja kuliner khasnya yang melegenda.

Jogja memiliki banyak makanan khas yang unik dan tentunya tak kalah nikmat. Untuk kamu yang sedang berlibur ke kota Jogja, tidak ada salahnya kamu mencoba beberapa makanan khas jogja yang enak dan nikmat.

Penasaran kan apa saja? Yuk simak ulasannya!

1. Gudeg

Ya makanan khas jogja yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kamu. Siapa sih yang tidak tahu makanan khas jogja ini.

Gudeg adalah makanan khas jogja yang terbuat dari nangka muda dimasak bersama santan. Makanan ini memiliki warna coklat yang biasanya dihasilkan dari daun jati yang dimasak saat bersamaan.

Gudeg ini disajikan dengan nasi putih hangat lalu dengan kuah santan kental, opor ayam kampung, telur rebus, tahu dan sambal goreng krecek. Kebayang kan nikmatnya!

2. Krecek

Makanan khas Jogja berikutnya juga biasa disajikan bersamaan dengan Gudeg. Krecek adalah kerupuk kulit yang dimasak bareng bersama sambel dan memiliki rasa pedas dan gurih yang dominan.

Banyak orang yang suka memakan Krecek bersama Gudeg karena menghasilkan perpaduan rasa manis pedas yang unik.

3. Bakpia Patok

Makanan khas jogja ini biasanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Bakpia potok adalah kue berbentuk bulat pipih yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula.

Lalu dibungkus dengan tepung dan memasaknya dengan cara dipanggang.

Namun kini bakpia patok tidak hanya berisi kacang hijau saja, ada varian rasa lain seperti keju, coklat, greentea, blueberry dan masih banyak lagi.

Makanan satu ini wajib kamu beli sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman mu.

4. Sate Klatak

Sate ini terdengar seperti sate katak, namun jangan salah sangka, sate klatak ini merupakan sate dengan potongan daging kambing muda yang ditusuk menggunakan jeruji.

Apalagi jika kamu pecinta daging kambing, pasti kamu akan ketagihan karena rasanya berbeda dari sate pada umumnya.

Karena yang berbeda pada penyajiannya, bumbu yang dipakai sedikit namun saat matang, sate ini disiram kuah gulai yang sangat menggugah selera. Wajib deh kamu coba rasanya enak dan gurih loh!

Baca juga: Inilah Tips dan Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat Secara Alami

5. Yangko

Ada juga makanan khas Jogjakarta yang bernama Yangko. Yangko adalah makanan khas Jogja yang yang terbuat dari tepung ketan.

Berbentuk kotak dengan baluran tepung ketan, makanan khas Jogja ini memiliki tekstur kenyal dan rasa yang manis.

Yangko berisi campuran cincangan kacang , seperti kue moci asal Jepang. Hanya bedanya, moci lebih lembek dan lebih kenyal dibandingkan Yangko.

6. Geplak

Geplak adalah salah satu jenis kue tradisional khas jogja yang belum punah dari dulu hingga sekarang.

Geplak ini terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan tepung dan gula. Bentuk dari makanan khas jogja ini bulat kecil dan berwarna-warni.

Cocok juga sebagai oleh-oleh untuk diberikan kepada keluarga atau temanmu.

7. Bakmi Jogja

Makanan khas Jogja terakhir  yang juga patut kamu coba adalah Bakmi Jogja. Bakmi Jogjakarta merupakan olahan bakmi rebus yang dimasak dengan racikan bumbu khas Jawa.

Selain Bakmi Jawa Jogjakarta, kamu juga dapat memesan Bakmi Nyemek yaitu bakmi yang diberi sedikit kuah sehingga teksturnya menjadi kental dan nikmat.

Itulah 7 makanan khas jogja yang wajib kamu coba saat berlibur ke kota jogja. Selain harganya yang murah, rasa dari kuliner tersebut sangat menggugah selera.

Baca juga: Menghitung Usia Kehamilan Dengan Kalkulator Kehamilan Online, Akuratkah?