Salah satu manfaat dari adanya teknologi bagi manusia adalah untuk mempermudah segala aktivitas manusia. Selain itu, manfaat lainnya dari teknologi adalah menjadi sesuatu yang tadinya tidak mungkin menjadi mungkin. Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya dari teknologi bagi kehidupan manusia. Bahkan teknologi ini, dari jaman ke jaman menjadi semakin canggih. Hal ini bisa dilihat dengan begitu banyaknya penemuan-penemuan baru yang berkaitan erat dengan teknologi. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan mengupas tentang beberapa macam teknologi ramah lingkungan sebagai berikut :

1. Menghilangkan Garam Dari Air Laut

PBB mencatat bahwa suplai air bersih akan sangat terbatas bagi miliaran manusia pada pertengahan abad ini, dan juga intensitas hujan yang semakin berkurang membuat pasokan air tawar bersih bagi manusia berkurang. Selain itu, sekarang ini dan teknologi yang bernama desalinasi. Desalinasi sendiri merupakan alat yang bisa menghilangkan kadar garam dan mineral dari air laut sehingga layak untuk diminum. Dengan demikian, hal ini merupakan solusi yang bisa dilakukan untuk mencegah krisis air. Tetapi masalahnya adalah teknologi ini masih terlalu mahal, dan membutuhkan energi yang cukup besar. Saat ini para ilmuan tengah mencari jalan keluar, agar desalinasi ini dapat berlangsung dengan menggunakan energi yang lebih sedikit. Salah satu caranya adalah dengan melakukan evaporasi pada air, sebelum masuk ke membra dengan pori-pori mikroskopis.
teknologi ramah lingkungan

2. Plastik Tapioka Ramah Lingkungan

Teknologi ramah lingkungan yang satu ini merupakan tas ramah lingkungan yang terbuat dari tepung singkong dan polimer sintetik, teknologi ini bernama ecoplas atau biobag. Kandungan tepung singkong yang ada di dalam ecoplas, dapat mendorong mikroorganisme tanah untuk mengurangi sampah plastik tersebut sampai hancur. Sehingga hal ini tidak akan menimbulkan pencemaran tanah, air, laut, maupun udara seperti halnya yang disebabkan oleh kantong plastik biasanya.

3. Tenaga Hidrogen

Bahan bakar hidrogen dianggap sebagai bahan bakar yang alternatif untuk bebas polusi. Energi yang dihasilkan pun merupakan perpaduan antara hidrogen dan oksigen, dan problemnya merupakan bagaimana hidrogen itu dihasilkan. Selain itu, molekul seperti air dan alkohol harus diproses terlebih dahulu untuk mengekstraksi hidrogen sehingga menjadi sel  bahan bakar. Untuk proses ini, membutuhkan energi yang besar. Tetapi setidaknya ilmuwan sudah mencoba untuk membuat laptop, serta peranti lain dengan menggunakan tenaga fuel cell.

4. Tenaga Surya

Untuk teknologi ramah lingkungan selanjutnya tenaga surya, tenaga surya yang sampai ke bumi terbentuk dari photon dan dapat dikonversikan menjadi listrik atau bisa menjadi panas. Selain itu, beberapa perusahaan dan perumahan sudah berhasil menggunakan aplikasi ini. Mereka, memakai sel surya dan termal surya lainnya sebagai media untuk mengumpulkan energi.

Memang seyogyanya teknologi ini bisa bermanfaat banyak bagi umat manusia. Bukan sebaliknya, yang justru merusak kehidupan umat manusia.Terimakasih.