iPhone X Plus
Pada bulan Oktober 2017 kemarin, Apple kembali merilis produk terbaru mereka yang dinamakan iPhone X. Ada yang memang menyebutnya dengan nama “iPhone X” da nada pula yang menyebutnya “iPhone 10.” Namun mayoritas menyebut nama dari perangkat mobile paling baru dari Apple tersebut dengan nama iPhone X.
Namun memasuki pertengahan tahun 2018 ini, ada rumor bahwa Apple tengah mempersiapkan ‘saudara’ dari iPhone X yang mana disebut dengan iPhone X Plus. Nama iPhone X Plus ini diambil secara acak karena memang kabarnya secara umum perangkat mobile terbaru itu nantinya tidak begitu jauh berbeda dengan iPhone X.
Terlepas dari apa nama dari perangkat baru dari Apple tersebut, lantas bagaimana dengan spesifikasi iPhone X Plus itu nantinya? Berdasarkan rumor-rumor yang beredar, berikut ini adalah spesifikasi singkat terkait dengan iPhone X Plus tersebut.

Desain dan ukuran

Untuk desainnya, iPhone X Plus akan menggunakan desain yang sama seperti iPhone X. Bahkan dapat dikatakan bahwa desainnya juga sedikit mirip dengan iPhone 5C yang mana memiliki bentuk sedikit bulky pada bagian sisi-sisinya. Namun perbedaannya dengan iPhone X, pada iPhone X Plus ini, Apple meniadakan notch dan lebih memilih untuk menggunakan desain edge-to-edge display.
Menurut kabar, iPhone X Plus ini memiliki ukuran sebesar 158.4mm x 78.1mm x 7.5mm dengan berat sekitar 174 gram. Warna yang digunakannya diperkirakan akan memakai warna emas pada bagian belakangnya. Bagian belakangnya terbuat dari material gelas atau kaca dan bezel yang terbuat dari logam stainless. Dikabarkan pula bahwa akan ada slot untuk dual-SIM.

Layar

Layar iPhone X Plus ini memiliki ukuran 6,4 inci OLED dengan resolusi sebesar 1242 x 2688 pixel (480-500 ppi). Kabarnya, layar yang digunakan pada iPhone X Plus ini lebih gelap dibandingkan dengan iPhone X dan juga sudah ada pembenahan dalam penampilan warna jika dibandingkan dengan iPhone 8 Plus.

Internal

Pada bagian dalamnya, Apple telah membenamkan prosesor A12 yang menjadi penerus dari generasi sebelumnya, A11 dengan mengusung desain 7-nanometer. Selain itu, A12 tersebut lebih cepat, kecil dan efisien dibandingkan dengan chip 10-nanometer sebelumnya. Untuk masalah memorinya, Apple akan melengkapi iPhone X Plus ini dengan RAM sebesar 4GB yang menjadi satu peningkatan dibandingkan dengan yang didapatkan iPhone 8 Plus dan iPhone X.

Kamera

Nampaknya tidak ada pembaruan yang didapatkan iPhone X Plus ini dalam hal kameranya. Bahkan disebutkan pula bahwa kamera atau lensa yang dimiliki iPhone X Plus masih sama dengan apa yang didapati pada iPhone X. Adapun penambahan fitur untuk kameranya juga tergolong minor. 

Perilisan

Walaupun belum ada informasi dari Apple secara resmi seperti biasanya, namun sudah ada rumor bahwa iPhone X Plus ini akan diperkenalkan sekaligus dirilis pada bulan September 2018 mendatang. Untuk harganya, Apple akan membanderol perangkat barunya tersebut dengan harga sekitar USD 1,500.
Namun ada kabar lanjutan bahwa selain iPhone X Plus ini, Apple juga pada saat yang bersamaan akan memperkenalkan 2 produk smartphone mereka yang lain, yaitu iPhone Xi atau iPhone 11 dengan ukuran layar sebesar 5.8 inci OLED dan iPhone X Plus versi murah dengan ukuran layar 6.1 LCD yang masih menggunakan notch.