Penyebab perut buncit
Seseorang yang memiliki perut buncit akan beresiko tinggi terkena perlemakan hati dan selain itu perut buncit ini akan membuat malu seseorang yang menderitanya. Penampilan seseorang akan menjadi kurang menarik dan tidak enak dipandang jika lemak berlebih diperutnya ini tidak segera dihilangkan. Menghilangkan lemak perut ini harus disegerakan karena akan ada banyak manfaatnya seperti hidup akan lebih sehat. Tidak adanya lemak dalam perut ini akan menghindarkan diri dari resiko terkena penyakit berbahaya seperti hipertensi dan diabetes. 
Jika ukuran lingkaran perut sudah termasuk dalam kategori buncit maka perut akan terindikasi terkena penyakit dari berbagai jenis. Penyakit penyakit yang akan menyerang itu seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kanker usus, dan bahkan kanker payudara. 
Lalu apa yang menyebabkan perut seseorang bisa buncit? Berikut beberapa hal yang menyebabkan perut buncit diantaranya yaitu : 

1. Jarang Melakukan Olahraga 

Ketika seseorang jarang melakukan olahraga maka lemak akan tertimbun, hal ini dikarenakan otot otot pada bagian ini jarang digunakan dan dilatih sehingga pembakaran lemak dan kalori didalam tubuh sangat minimal. Sehingga jangan heran jika perut akan membuncit karena badan jarang digerakkan. 

2. Sering Mengkonsumsi Makanan Ringan  

Makanan ringan ini meski dianggap remeh tetapi akan dapat membuat perut buncit jika sering dilakukan. Oleh karena itulah sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan makanan  ringan yang mengandung pemanis buatan dan perasa yang berlebihan. Pemanis buatan dan bahan kimia yang ada didalam makanan ringan akan sulit untuk dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan. Sehingga akan membuat terganggunya usus.

3. Tidur Sebelum Makan

Jika makan sebelum tidur maka pada saat tertidur itu perut dalam keadaan penuh, sehingga disaat tidur itu tubuh tidak akan membakar secara efisien. Hal inilah yang akan membuat timbunan lemak didalam perut semakin bertambah. Tetapi tidak hanya tidur saja karena dengan berbaring saja juga akan menyebabkan perut kenyang itu terkena resiko refluks asam lambung dan pencernaan akan terganggu. 

4. Kurang Tidur 

Orang dewasa itu idealnya harus tidur selama 7 hingga 8 jam disetiap malamnya. Karena jika waktu tidur kurang maka akan meningkatnya tingkat kortisol atau hormon stress dan akan mengakibatkan meningkatnya mengkonsumsi makanan yang mengadung gula secara berlebihan. 

5. Mengkonsumsi Alkohol

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan juga akan menyebabkan perut buncit karena alkohol ini mengandung gula dan kalori yang sangat tinggi. Kelebihan gula dan kalori ini bagi tubuh sama sekali tidak ada manfaatnya. Yang ada justru hanya akan menjadi pemicu terbukanya berbagai jenis penyakit untuk masuk dengan mudah kedalam tubuh. 
Itulah beberapa hal yang menyebabkan perut buncit. Selain itu masih ada penyebab lainnya yaitu merokok. Hal ini dikarenakan kegiatan merokok ini akan mendorong lemak menuju kedaerah inti tubuh sehingga akan menyebabkan semakin membesarnya perut.