Self improvement atau pengembangan diri adalah upaya pembenahan pada diri sendiri supaya bisa mengontrol diri dengan baik dan efektif. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memaksimalkan potensi diri yang ada pada diri kita sehingga menjadikan kita sebagai pribadi yang unggul dan mampu bertahan dengan segala perubahan zaman yang ada. 

Self improvement ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan membaca buku. 

Nah, bagi anda yang membutuhkan buku self impovement, berikut rekomendasi buku self impovement terbaik : 

  1. I Want To Die But I Want To Eat Tteokpokki – Baek Se Hee


Di masa pandemi seperti sekarang ini, isu yang terkait dengan kesehatan mental kini sudah mulai disadari oleh kaum millenial namun masih ragu untuk mengakuinya dan pergi berkonsultasi ke psikolog. 

Nah, dalam buku yang berjudul I Want To Die But I Want To Eat Tteokpokki ini, sang penulis bernama Baek Se Hee, menceritakan tentang depresi yang dialaminya selama 10 tahun dan berbagi hasil konsultasinya dengan psikolog. 

Yang menariknya, pada buku ini, penulis mengemas buku ini dengan dialog antara dirinya dengan seorang psikiater. 

Sebagai informasi, buku ini juga pernah menjadi best seller di Korea Selatan dan pernah dibaca oleh idol RM BTS. Keren kan?

  1. You Do You : Discovering Life through Experiments & Self-Awarenss – Fellexandro Ruby


Perlu diketahui bahwa Fellexandro Ruby yang menulis buku ini telah berhasil menjual hasil karyanya itu sebanyak 10.000 eksemplar hanya dalam waktu 4 bulan saja. Dalam buku ini akan menjawab berbagai macam permasalahan, seperti karir, bisnis, keuangan, hingga relationship. 

Dengan membaca buku ini, anda akan disadarkan bahwa yang menentukan kehidupan anda adalah diri sendiri, tidak peduli dengan penilaian negatif orang lain. Selain itu, buku ini juga bisa menjadi petunjuk bagi anda yang ingin keluar dari berbagai macam persoalan hidup yang selama ini menghimpit anda. 


Baca juga: 6 Ciri – Ciri Negara Berkembang Paling Umum. Indonesia Termasuk?

  1. Think & Grow Rich – Napoleon Hill


Buku yang dirilis pada tahun 1937 ini ditulis oleh seorang motivator sekaligus penasihat presiden Amerika Serikat, Franklin D. Rosevelt, Napoleon Hill. Dalam buku ini, ia menceritakan tentang rahasia kesuksesan ratusan orang kaya di Amerika Serikat dari titik nol. Selain itu, buku ini juga membicarakan tentang pengaruh imajinasi hingga autosugesti.  

Meskipun buku ini sudah cukup lama, namun bisa dinikmati hingga saat ini. Soalnya, buku self impovement ini juga dilengkapi dengan contoh kasus baru yang modern sehingga semua prinsip Napoleon Hill masih bisa diimplementasikan hingga saat ini.

  1. Berani Tidak Disukai – Ichiro Kisimi dan Fumitake Koga


Perasan tidak mampu atau minder akan membuat diri anda tidak bisa berbuat apa-apa hingga berujung tidak bahagia. Nah, dengan membaca buku ini, anda akan belajar memahami diri anda sendiri, bebas berekspresi tanpa terpengaruh dengan penilaian negatif dari orang lain. 

Di dalam buku ini, dijelaskan ajaran Alfred Adler, seorang filsuf Austria abad ke-19 tentang bagaimana manusia sebaiknya dalam menjalani hidup ini melalu percakapan antara seorang filsuf dengan seorang pemuda. 

Yang lebih menariknya lagi, buku ini juga menjawab fenomena menutup diri di kamar selama bertahun-tahun. 

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang 4 rekomendasi buku impovement. Semoga informasi ini bermanfaat, khususnya bagi anda yang membutuhkan buku yang bisa membuat hidup anda menjadi lebih baik lagi. 

Baca juga: Inilah 4 Website Parenting Di Indonesia Yang Popular