Beberapa Tujuan Dibuatnya Tempat Pelelangan Ikan, Berguna Banget Untuk Nelayan

Sumber: Ekonomi – Bisnis.com

Tujuan dibuatnya tempat pelelangan ikan agar mudah dijangkau masyarakat. Salah satu bahan makanan yang mudah diolah adalah ikan. Selain mudah diolah, ikan sendiri mudah didapatkan di pasar tradisional. Namun bukan hanya di pasar tradisional, Anda juga bisa mendapatkan ikan melalui tempat pelelangan ikan. Biasanya tempat pelelangan ikan menawarkan ikan berkualitas terbaik yang dijual langsung oleh para nelayan. Tempat pelelangan ikan sendiri dikenal sebagai tempat yang memberikan banyak keuntungan bagi para nelayan. Berikut Beberapa Tujuan Dibuatnya Tempat Pelelangan Ikan antara lain :

Sebagai Tempat Bertemunya Pembeli dan Penjual

Sumber: KKN Undip

Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang banyak dicari untuk kebutuhan memasak. Selain di pasar, ikan juga bisa didapatkan melalui tempat pelelangan ikan. Adanya tempat pelelangan ikan ini bertujuan sebagai tempat untuk bertemunya pembeli dan penjual. Dengan adanya pertemuan pembeli dan penjual dilakukan untuk memperoleh aktivitas tawar menawar menggunakan harga yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. 

Memberikan Harga Terbaik Dari Ikan Yang Sudah Ditangkap Oleh Nelayan

Sumber: Jakarta Observer

Nelayan merupakan orang yang bertugas untuk menangkap ikan di laut. Biasanya hasil tangkapan nelayan akan dilarikan kepada pasar yang kemudian akan dijual untuk masyarakat. Namun pada zaman sekarang, sudah ada banyak nelayan yang lebih memilih membawa ikan hasil tangkapannya menuju tempat pelelangan ikan. Hal tersebut dikarenakan tempat pelelangan ikan memberikan harga terbaik pada ikan – ikan yang sudah ditangkap oleh para nelayan. 

Sebagai Tempat Pengolahan Hasil Ikan Tangkapan Para Nelayan

Sumber: Joglojateng

Tempat pelelangan ikan merupakan tempat yang dibangun oleh pemerintah Indonesia dengan tujuan utamanya  untuk melakukan jual beli serta tawar menawar antara penjual dan pembeli. Para nelayan yang sudah memperoleh hasil tangkapan ikan akan dilarikan menuju tempat pelelangan ikan. Pada tempat pelelangan ikan, para nelayan akan dibantu untuk mengolah hasil tangkapan ikan mereka dengan sebaik mungkin. 

Sebagai Tempat Pengawasan Penangkapan Ikan

Sumber: Bisnis Tempo.co

Tujuan Dibuatnya Tempat Pelelangan Ikan yakni sebagai tempat pengawasan penangkapan ikan. Pengawasan diperlukan ketika  melakukan aktivitas menangkap ikan di laut. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk melelang ikan, dibuatnya tempat pelelangan ikan juga bertujuan untuk mengawasi proses penangkapan ikan oleh para nelayan. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah nelayan melakukan tindakan penangkapan ikan secara liar yang akan berdampak pada kerusakan ekosistem laut. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Body Care Untuk Kulit Kering

Mencari Pembeli Potensial Sebanyak Mungkin

Sumber: Tribun-Timur.com

Meraup banyak keuntungan merupakan salah satu keinginan yang ingin dicapai oleh para pedagang serta nelayan ikan. Dibuatnya tempat pelelangan ikan bertujuan untuk membantu para nelayan sekaligus penjual ikan dalam mencari pembeli potensial dengan jumlah sebanyak mungkin. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan peningkatan harga pada hasil tangkapan ikan yang diperoleh para nelayan tanpa harus merugikan pembelinya. 

Untuk Menarik Para Pembeli

Sumber: Wikipedia

Tujuan Dibuatnya Tempat Pelelangan Ikan juga digunakan untuk menarik para pembeli. Pada umumnya, ikan – ikan yang ditawarkan pada tempat pelelangan ikan memiliki kualitas terbaik. Hal tersebut membuat para nelayan dapat menjual hasil ikan tangkapannya dalam kurun waktu sesingkat mungkin dengan harga baik.

Menciptakan Pasar Yang Sehat

Sumber: Merdeka.com

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa tujuan utama dibuatnya tempat pelelangan ikan adalah untuk melakukan aktivitas melelang. Adanya aktivitas melelang memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan pasaran yang sehat dan murni. Karena itulah sangat jarang ditemukan kecurangan dalam penjualan ikan yang dilakukan pada tempat pelelangan ikan. 

Pada umumnya, ikan merupakan salah satu bahan pangan yang mudah diolah. Tujuan Dibuatnya Tempat Pelelangan Ikan agar mendapatkan ikan berkualitas terbaik dan segar. 

Baca juga: 5 Artis Ini Menikah di Luar Negeri Karena Beda Agama