Bekalangan ini banyak orang yang mencari contoh surat pengunduran diri dengan benar dan sopan. Pasalnya, salah-salah dalam menulis akan membuat gambaran diri yang buruk bahkan hingga bisa memutus hubungan baik dengan teman-teman di perusahaan tersebut. 

Dalam membuat surat pengunduran diri, tentu saja ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Ya, mulai dari menuliskan identitas secara lengkap, memberikan alasan yang logis, menggunakan bahasa yang sopan serta mudah dipahami, dan lain sebagainya. 

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa contoh surat pengunduran diri dengan baik dan benar. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri

Bandung, 25 Desember 2021

Kepada

Yth. Pimpinan

PT. Air Mancur Tbk

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Asep Charles

Alamat: Jl. Badak Singa No. 23

Jabatan: Karyawan

Nomor ID: 123457

Melalui surat ini, saya brniat untuk mengajukan permohonan pengunduran diri saya dari jabatan sebagai karyawan di perusahaan PT Air Mancur Tbk. Terhitung pada tanggal 25/12/2021 bersama dengan kontrak yang telah berakhir. 

Sebelum itu, saya dengan rasa syukur yang sebesar-besarnya berterima kasih kepada Bapak/Ibu karena sudah memberikan saya kesempatan untuk dapat bekerja, belajar, dan berkembang di perusahaan Bapak/Ibu. 

Selain itu, saya juga ingin mengucapkan rasa banyak terima kasih keapda rekan-rekan kerja saya di sini yang telah berjuang bersama dalam mencapai target perusahaan. 

Mohon maaf yang sebesar-besarnya karena saya tidak lagi menjadi bagian dari perusahaan Bapak/Ibu. Saya pun memohon maaf atas semua kesalahan saya yang mungkin pernah meninggalkan kesan buruk di hati Bapak/Ibu. Semoga, perusahaan Bapak/Ibu dapat terus berkembang dan semakin maju. 

Demikian surat pengunduran diri dari saya ini yang dibuat dengan kesadaran dan tanpa paksaan dari pihak manapun. 

Hormat saya,

(…………….)

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Secara Resmi

Tasikmalaya, 12 Oktober 2021

Kepada

Yth. Pimpinan

PT. Indihyang Sejahtera Tbk

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Alexander Nandang

Alamat: Jl. Babakan Siliwangi No. 13

Jabatan: Operator Finishing

Nomor Karyawan: 45678

Melalui surat ini, sebagai salah seorang karyawan PT Indihyang Tbk, berdasarkan ketentuan dari Surat Kesepakatan Bersama perihal karyawan dan berdasarkan pada undang-undang kerja, bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Indihyang Tbk dengan alasan harus melanjutkan bisnis keluarga. 

Saya akan melaksanakan sisa kewajiban saya pada perusahaan ini serta membantu proses transisi pekerjaan kepada pengganti yang ditunjuk dengan sebaik-baiknya. 

Surat ini dibuat berdasarkan pada prosedur hubungan industrial tanpa adanya tendensi maksud buruk apapun. Demikianlah surat permohonan diri saya yang dibuat dengan penuh kesadaran tanpa adanya paksaan dari pihak luar. 

Hormat Saya,

(…………………..)

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Masa Percobaan

Garut, 14 Juli 2021

Yth, Bpk/Ibu HRD PT. Domba Intan Group

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: Agus Hernandez

Tempat, tanggal lahir: Garut 8/9/1989

Jabatan: Karyaan

Bekerja sejak: 15 Januari 2021

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri rari PT. Domba Intan Group.

Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin mencari pengalaman baru. Selama ini, PT. Domba Intan Group telah memberikan saya ilmu dan pengalaman kerja yang sangat berharga. Maka dari itu, saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu beserta rekan-rekan PT. Domba Intan Group. 

Semoga PT. Domba Intan Group semakin maju dan bisa menghasilkan inovasi yang lebih baik. 

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala khilaf dan kekurangan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

Hormat saya,

(……………….)