Doa Bapa Kami Katolik merupakan doa yang satu-satunya Tuhan Yesus ajarkan kepada murid-muridnya. Yesus dan Allah menjadi satu kesatuan, sehingga Yesus berdoa pada tempat yang sunyi dan tersembunyi. Apabila kita berdoa seperti yang diajarkan Yesus, tentu saja kita akan menyatu dengan Bapa. 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena kekuatan dan kuasa Yesus bersumber dari Allah sehingga banyak orang-orang yang sakit disembuhkan olehnya. Bukan hanya itu, masih banyak tanda serta mukjizat Tuhan yang diperlihatkan, seperti membangkitkan orang yang mati dan memberi makan ribuan orang hanya dengan 2 ekor ikan serta 5 buah roti. 

Semua orang-orang pada saat itu benar-benar dibuat takjub, kemudian murid-muridnya bertanya kepada Yesus, bagaimana cara mereka harus berdoa? Yesus pun menjawab : “Jika kamu berdoa janganlah bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah“. 

Lantas, apa makna dan arti dari doa bapa kami? Nah, biar kalian gak penasaran dengan makna dan artinya, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

1. Bapa Kami yang Ada di Surga

Makna dari doa ini menunjukkan bahwa Allah sang pencipta langit dan bumi adalah Bapa kita. Oleh karenanya, kita memiliki hubungan yang erat karena ia merupakan Bapa dan kita sebagai anakNya. 

Berkat kasih Allah, ia pun mengangkat kita menjadi anak-anaknya yang istimewa dihadapannya. Pada intinya, kasih Bapa tidak akan lari dan jauh dari kehendakNya.   

2. Dimuliakanlah NamaMu

Sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk memuliakan nama Allah, entah itu dalam doa maupun dalam kehidupan kita sehari-hari. Sehingga kita harus meninggikan dan memuliakan nama Allah, dan janganlah menyebut Tuhan Allah dengan tidak hormat. 

3. Datanglah KerajaanMu

Kerajaan Allah di surga tentunya menjadi tempat yang paling diinginkan oleh umat manusia ketika sudah meninggal dunia. Kerajaan Allah begitu nyata dan ada bagi semua orang-orang yang taat kepadaNya. 

Oleh karena itu, kita harus mencari kerajaan Allah selagi masih bisa bernafas di dunia dengan cara berbuat baik serta saling mengasihi terhadap sesama dan Allah. Kerajaan Allah begitu damai sejahtera, sukacita, dan kebenaran oleh karena firmanNya. 

4. Berilah Kami Rezeki Pada Hari Ini

Doa ini bertujuan agar kita mendapatkan rejeki dari Tuhan. Pasalnya, Tuhan sudah tahu betul apa yang kita perlukan sehingga berdoa berjalan beriringan dengan usaha untuk mendapatkan rejeki dariNya. Hal itu pun sudah tertulis dalam Al kitab Mat 6:7-8 yang berbunyi :

“Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangkan bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya“.

5. Dan Ampunilah Kesalahan Kami, Seperti Kami pun Mengampuni yang Bersalah Pada Kami

Sebagai seorang manusia tentu saja kita tidak bisa luput dari kesalahan, entah itu kesalahan yang disengaja maupun yang tidak disengaja. 

Saat kita memohon ampunan atas semua dosa dan kesalahan, tentu kita juga harus mengampuni semua dosa orang lain yang telah menyakiti hati kita. Sebab Allah adalah kasih, maka kita pun harus mengasihi Allah dan orang lain.  

6. Dan Janganlah Masukkan Kami ke Dalam Pencobaan, Tetapi Bebaskanlah Kami Dari yang Jahat. Amin

Roh jahat pastinya ingin kita melakukan dosa dan perbuatan jahat. Oleh karena itu, kita harus berdoa kepada Allah agar dijauhkan dalam pencobaan. 

Baca Juga : Kumpulan Doa Bapa Kami Katolik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *