Ada salah satu metode berdoa pada agama Katolik yaitu doa novena katolik. Kalau hendak berdoa novena, maka Anda perlu berdoa 9 hari secara berturut-turut sehingga berbeda dari doa lain atau doa 9 jam di waktu tertentu. 

Di samping itu, Anda harus mendaraskan rangkaian doa berdasarkan teks sembari memikirkan suatu intensi. Novena adalah ritus di gereja Katolik untuk memperkaya pengalaman doa pada kehidupan spiritual. 

Walau tidak terdapat aturan baku mengenai cara benar berdoa novena, ada petunjuk-petunjuk tertentu yang lebih baik diketahui sebelum berdoa novena.


Menyiapkan diri dengan memahami arti doa

Pada umumnya, gereja melarang praktik seperti meramal nasib serta tidak dapat memastikan orang-orang yang melakukan doa novena bisa mengalami mukjizat. Doa novena adalah cara devosi kepada Tuhan.


Pahami kategori doa novena

Harus diketahui doa novena ada beberapa kategori, mulai dari kategori persiapan, kedukaan, permohonan, lalu ada pertobatan juga. Selain itu, ada kalanya juga intensi novena mencakup lebih dari satu kategori.

Novena kedukaan sendiri didoakan sebelum dilakukan upacara pemakaman. Lalu Novena persiapan untuk mempersiapkan diri ketika menjelang hari raya. Ada pun Novena permohonan yaitu doa yang didoakan agar Tuhan turut campur tangan, mampu memberikan tanda, dan menolong lewat cara lain.

Doa novena pertobatan yaitu silih terhadap dosa. Biasanya, doa novena ini setelah mengaku perbuatan dosa.


Pastikan intensinya

Novena merupakan doa dengan permohonan tertentu. Jadi sebelum berdoa, harus ditentukan apa hal yang diinginkan dengan doa novena tersebut. Untuk intensi tersebut, Anda bisa meminta petunjuk juga sebelum keputusan penting diambil, mengucap syukur, dan menyampaikan permohonan.

Kalau belum tahu seperti apa doa yang harus diucapkan, bisa tanyakan ke biarawati atau pastor Katolik. Selain itu, bisa berdoa dengan beberapa doa berurutan tiap hari. Anda pun boleh doa novena dengan susunan sendiri.


Daraskan 9 hari secara berturut-turut 

Hal satu ini perlu dilakukan kalau ingin berdoa berdasarkan tradisi gereja. Ada cara tradisional berdoa yaitu mengucapkan rangkaian doa sehari sekali minimal berturut-turut hingga 9 hari. Tentukan juga jadwal harian berdoa novena karena Anda perlu berdoa dengan waktu sama setiap harinya.

Misal kalau hari pertama berdoa pukul 10.00, harus doa pukul 10.00 untuk 8 hari selanjutnya.


Pakai format 9 jam

Format ini menjadi cara berdoa lebih singkat. Bisa berdoa dengan metode lain yang singkat atau lebih fokus, misal berdoa tiap jam berturut-turut 9 jam. Untuk hal itu, sediakanlha waktu di hari tertentu agar berdoa berturut-turut 9 kali tiap 1 jam.

Misal contohnya, mulai doa pukul 11.00, maka jadwal berikutnya 12.00, dan sampai seterusnya.


Daraskan dan sampaikan doa novena kepada Tuhan/ lewat orang kudus

Bisa berdoa di dalam hati karena mendaraskan doa tak berarti berdoa harus sambil bersuara. Doanya boleh dihafal atau ditulis. Mendaraskan doa tak sama dengan meditasi dan doa kontemplatif. 

Keduanya adalah cara berdoa utama pada lingkup gereja Katolik.


Berdoa individual atau dengan orang lain 

Di gereja, doa novena biasanya didoakan sendirian pada tempat tertutup, tapi boleh didoakan juga dengan orang lain dengan intensinya yang sama. Gereja umumnya mengadakan novena secara komunal dan berkala yang memiliki tujuan tertentu, bisa juga merupakan persiapan menjelang momen hari raya.

Hal ini tergantung dari tata caranya, mungkin Anda perlu berdoa novena langsung di gereja dan juga boleh di rumah dengan jemaat lain.


Baca juga: Kumpulan Doa Bapa Kami Agama Katolik Beserta Maknanya