rumus menghitung berat badan ideal
Tak bisa di pungkiri lagi, bahwa memiliki berat badan yang ideal merupakan dambaan bagi kebanyakan masyarakat yang ada di dunia. Pasalnya, seseorang yang memiliki berat badan ideal itu pasti akan memiliki postur tubuh yang ideal juga. 
Bahkan, tak sedikit perusahaan-perusahaan yang memberi salah satu syarat kepada calon pelamarnya untuk memiliki berat badan yang ideal. Dengan demikian, maka tak heran jika berat badan yang ideal sangat di dambakan oleh semua orang. Apalagi bagi kaum wanita, dimana merekalah yang paling menomorsatukan urusan tubuh. 
Nah, berbicara soal rumus menghitung berat badan ideal wanita, berikut di bawah ini ada 3 cara paling akurat dalam menghitung berat badan ideal :

1. Menghitung Berat Badan Dengan Rumus IMT (Indeks Masa Tubuh)

Cara pertama paling akurat dalam menghitung berat badan ideal, yakni dengan menggunakan rumus IMT (Indeks Masa Tubuh). Tahukah kamu? ternyata rumus ini juga sering di gunakan oleh para dokter kehamilan lho! Cara perhitungannya mulai dari BBI (Berat Badan Ideal) = Berat badan : Kuadrat Tinggi Badan. Misalkan saja tinggi badanmu 165 cm dengan berat badan 65 kg. 65 : (1,65 x 1,65) = 23,8. Berdasarkan nilai standar IMT, angka 23,8 menunjukan bahwa berat badanmu termasuk kedalam kategori normal.

2. Menghitung Berat Badan Dengan Rumus Jengkal Tangan

Cara kedua paling akurat dalam menghitung berat badan ideal, yakni dengan menggunakan rumus jari tangan. Selain akurat, rumus yang satu ini juga sangat mudah dan simple untuk dilakukan. Coba ukur lingkar pinggangmu dengan jengkal tangan. Biasanya, setiap satu jengkal tangan manusia dewasa itu berjarak 20 cm. Apabila ukuran pingganmu lebih dari 4 jengkal, maka berat badanmu termasuk kedalam kategori kegemukan.

3. Menghitung Berat Badan Dengan Rumus Brocha

Cara ketiga yang paling akurat dalam menghitung berat badan ideal, yakni dengan menggunakan rumus Brocha (Devine). Rumus ini telah ada sejak tahun 1970, yang di populerkan oleh seorang dokter yang bernama Dr. BJ Devine. Rumus ini akan menghitung berat badan berdasarkan tinggi badan. Misalkan saja tinggi badanmu adalah 160 cm, maka BBI = 160 – 100 (15 % – 160 – 100) dan hasilnya adalah 51 kg.
Itulah 3 cara paling akurat dalam menghitung berat badan ideal. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba rumus-rumus tersebut?