Categories: Agama Islam

Mengenal Nabi dan Rasul Dalam Islam


Rukun iman merupakan pilar keimanan yang harus dimiliki oleh seorang Muslim. Jika Rukun Islam ada lima maka Rukun iman ada 6 perkara. Mengenai rukun iman ini terdapat pada Al Quran dan Hadits. 

Iman ini sendiri artinya keyakinan dalam hati, perkataan dengan lisan, dan mengamalkannya dengan anggota tubuh. Memang yang namanya iman ini suka mengalami pasang surut, kadang naik kadang turun sehingga perlu ada upaya untuk sellalu memantapkan keimanan tersebut sehingga menjadi seorang Muslim yang taat dalam beribadah dan bertakwa. 

Salah satu rukun iman tersebut adalah beriman kepada Nabi dan Rasul. Nabi dan Rasul adalah utusan Allah yang mendapatkan wahyu dan diperintahkan untuk menyampaikannya serta mengamalkannya. 

Ada banyak Nabi yang Allah subhana wa ta’ala utus, namun hanya ada 25 Nabi dan 5 Rasul yang wajib kita imani mulai dari Nabi Adam Alaihi Salam hingga terkahir Nabi Muhammad Shollallahu ‘alaihi wa sallam. 

14. Nabi Syuaib

15. Nabi Musa

16. Nabi Harun

17. Nabi Daud

18. Nabi Sulaiman

19. Nabi Ilyass

20. Nabi Ilyasa 

21. Nabi Yunus

22. Nabi Zakaria

23. Nabi Yahya

24. Nabi Isa

25. Nabi Muhammad Shollallahu alaihi wasallam

 

Tidak semua nabi adalah rasul, tetapi semua rasul sudah otomatis adalah seorang nabi. Perbedaannya adalah Nabi tidak diperintahkan untuk menyampaikan wahyu yang diterimanya kepada umat. Sedangkan Rasul harus menyampaikan pada umatnya. 

Selain itu, dilansir dari popbela perbedaan Nabi dan Rasul juga bisa dilihat dari keteguhan hati yang sangat mengagumkan. Dalam perjalanan dakwah membimbing umat, ada 5 Rasul yang mendapatkan gelar Ulul Azmi, yang artinya keteguhan hati. 

Nabi Nuh Alaihi Salam mendapatkan gelar Ulul Azmi berkat kesabaran dan ketabahannya saat berdakwah menyebarkan agama Islam, walaupun banyak ditentang dan dihina.

Nabi Ibrahim Alaihi Salam dikenal sebagai ayah dari para nabi. Beliau sangat dihormati oleh pemeluk tiga agama samawi, yakni Islam, Yahudi, dan Kristen. Selain itu, Nabi Ibrahim adalah orang yang membangun Ka’bah di Makkah bersama anaknya, Nabi Ismail. Berkat kesebaran dan ketabahannya dalam menyampaikan ajaran tauhid pada ayah dan kaumnya, sehingga beliau mendapatkan gelar Ulul Azmi. 

Nabi Musa Alaihi Salam juga termasuk salah satu nabi yang mendapat gelar Ulul Azmi. Hal ini berkat ketabahannya dalam menghadapi Raja Fir’aun dan kaumnya Bani Israel yang selalu mengingkarinya. 

Nabi Isa Alaihi Salam mendapatkan gelar Ulul Azmi berkat ketabahan dan kegigihannya dalam menyampaikan ajaran tauhid yang mengesakan Allah, meskipun mendapatkan berbagai tantangan dari kaumnya sendiri Bani Israel maupun dari Kerajaan Romawi.

Selain sebagai penutup para nabi, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassallam juga termasuk orang yang mendapat gelar Nabi dan Rasul Ulul Azmi. Hal ini berkat kesabaran dan ketabahannya saat berdakwah menyebarkan agama Islam, walaupun banyak ditentang dan dihina oleh kaum kafir Quraisy karena dianggap menyebarkan agama yang bertentangan dengan tradisi nenek moyang mereka. 


Nino Darmawan

Recent Posts

10 Game Balapan PC Ukuran Kecil Terbaik yang Seru dan Ringan!

Jika kamu penggemar game balapan, tapi punya PC dengan spesifikasi yang terbatas, jangan khawatir! Ada…

4 weeks ago

15 Game FPS Android Terbaik, dari PUBG Hingga Blood Strike

Siapa yang tidak suka dengan game FPS? Game dengan genre First-Person Shooter ini menawarkan pengalaman…

1 month ago

10 Game Offline Android untuk Perjalanan Jauh Agar Tidak Boring!

Menghabiskan waktu dalam perjalanan jauh memang bisa terasa membosankan, apalagi jika tidak ada hiburan yang…

1 month ago

7 Rekomendasi Game Action PS2 Terbaik, Bikin Nostalgia!

Jika kita berbicara tentang konsol game legendaris, PlayStation 2 (PS2) tidak bisa dilewatkan begitu saja.…

1 month ago

10 Game Android untuk Perempuan yang Seru dan Menarik

Saat ini, bermain game di smartphone sudah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari bagi banyak orang,…

2 months ago

10 Rekomendasi Game Online Terbaru 2024, Ada Honor of Kings!

Sudah di pertengahan tahun 2024, dan untuk para gamer, ini berarti munculnya game-game online terbaru…

2 months ago