Categories: Kesehatan

Ini 5 Penyebab Munculnya Benjolan Di Ketiak

Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak, Yuk Kenali Satu-satu!

Sumber: Orami

Kamu mungkin pernah kan meraba – raba bagian ketiak, kemudian menemukan ada benjolan disana? Sangat wajar memang jika kamu khawatir saat munculnya benjolan di ketiak. 

Pertumbuhan benjolan di ketiak kerap dikaitkan dengan kanker payudara maupun penyakit lain yang banyak menjangkit perempuan. Jika kamu merasa tidak nyaman dengan munculnya benjolan di ketiak karena terasa sakit dan ukurannya yang semakin lama semakin membesar, sebaiknya segera memeriksakan diri untuk mengetahui dengan pasti penyebab benjolan tersebut. 

Keberadaan benjolan di ketiak tidak hanya sebagai tanda bahaya terhadap kanker payudara saja. Namun, ada banyak penyebab lain yang bisa memunculkan benjolan di ketiak. Apa saja? Berikut 5 penyebab munculnya benjolan di ketiak yang perlu kamu ketahui:

Infeksi Dan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Sumber: Berkeluarga.id

Ternyata benjolan di ketiak sangat umum terjadi dan biasanya disebabkan karena adanya pembengkakan kelenjar getah bening maupun kelenjar dbawah ketiak. Saat kamu sedang tidak enak badan dan terpapar penyakit, kelenjar tersebut bisa membengkak. Karena kelenjar getah bening berada di ketiak sehingga kamu mungkin akan temukan benjolan di ketiak dengan tekstur lunak dan ukurannya sebesar kacang polong. 

Jika munculnya benjolan di ketiak terjadi karena infeksi, maka beberapa kondisi tidak nyaman juga bisa dirasakan tubuh, seperti demam dan berkeringat dimalam hari. 

Abses Atau Kista

Sumber: SehatQ

Iritasi pada kulit bisa mengakibatkan kista atau abses dan tumbuhnya benjolan di ketiak. Biasanya abses terjadi karena bakteri yang berada dibawah kulit, biasanya melalui luka kecil maupun goresan, dan mulai berkembang biak. 

Sementara kista adalah pembengkakan pada jaringan tubuh yang didalamnya berongga dan berisi cairan kental yang menyerupai bubur. Jika munculnya benjolan di ketiak terjadi karena kista, mungkin keberadaan benjolan tersebut akan menyebabkan sakit. 

Reaksi Alergi

Sumber: Kumparan

Tak disangka ternyata penggunaan deodorant, antiperspirant, atau sabun juga berpotensi memunculkan benjolan di ketiak. Produk – produk tersebut mengandung bahan kimia, sehingga ada orang tertentu yang tidak bisa menerimanya. 

Jika kamu tidak cocok dengan produk – produk tersebut dan mengakibatkan muncul benjolan, maka sebaiknya kamu menghentikan penggunaan deodorant maupun sabun dibagian ketiak. 

Kanker Payudara

Sumber: DetikHealth

Pembengkakan atau benjolan di ketiak bisa terjadi karena kanker payudara yang sudah menyebar ke kelenjar getah bening di area tersebut. Bahkan pembengkakan bisa terjadi sebelum kamu merasakan benjolan di payudara. 

Meski sebagian besar kanker payudara tidak menyebabkan nyeri pada payudara maupun putting susu, namun beberapa orang bisa merasakan nyeri. Lebih sering, wanita akan mengalami nyeri payudara atau ketidaknyamanan saat datang siklus menstruasi. 

Leukemia

Sumber: Popmama.com

Beberapa orang mungkin merasakan sakit pada benjolan di ketiak. Ukuran benjolan yang berubah secara bertahap atau tidak hilang mungkin merupakan tanda dari kondisi yang lebih serius seperti payudara dan leukemia. 

Pengidap leukemia limfosistik kronis mungkin akan mengalami pembengkakan kelenjar getah bening di kedua sisi leher, diatas tulang selangka, benjolan di ketiak, serta di area selangkangan. 

Tektstur benjolan di ketiak bisa bervariasi sesuai dengan penyebabnya seperti kista, infeksi, maupun pertumbuhan lemak mungkin terasa lembut saat disentuh. 

Selain hal – hal diatas, benjolan di ketiak juga bisa terjadi karena ada tumor jinak yang tumbuh di jaringan fibrosa (fibroadenoma), reaksi negatif terhadap vaksin, dan karena mengidap penyakit lupus. Namun, tumor kanker dan fibroadenoma mungkin terasa keras dan tidak dapat bergerak. Beberapa orang mungkin mengalami sakit akibat adanya benjolan di ketiak tersebut.

Baca juga: Resep Olahan Aci Lezat dan Mudah Dibuat, Teman Ngemil Harimu

Nino Darmawan

Share
Published by
Nino Darmawan

Recent Posts

Cara Mengisi Token Listrik Mudah dan Cepat untuk Pemula!

Di era modern ini, listrik sudah menjadi kebutuhan pokok yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.…

1 day ago

Cara Mengatasi Pemanasan Global, Solusi Lingkungan yang Baik!

Bayangkan bumi di masa depan. Cuaca ekstrem melanda, permukaan laut naik, dan banyak spesies punah.…

1 week ago

Niat Puasa Senin Kamis, Amalan Sunnah Penuh Keutamaan!

Apakah Anda pernah merasakan energi positif yang memancar saat menjalankan niat puasa Senin Kamis? Dalam…

2 weeks ago

Lirik Lagu I Wanna Be Yours – Arctic Monkeys, Perasaan Ingin Memiliki

"I Wanna Be Yours" oleh Arctic Monkeys adalah sebuah lagu yang penuh dengan keintiman dan…

1 month ago

Apa Itu Plot Twist? Cerita Mengejutkan yang Tidak Terduga

Plot twist adalah elemen naratif yang mengejutkan pembaca atau penonton dengan perubahan tiba-tiba dalam alur…

1 month ago

Lirik Lagu Bertaut – Nadin Amizah, Rasa Terima Kasih Kepada Ibu

Lirik lagu Bertaut oleh Nadin Amizah bercerita tentang hubungan yang erat antara anak dan ibunya.…

1 month ago