Categories: General

Strategi Agar Tetap ‘Waras’ Untuk Anda Yang Kerja Di Rumah

Di era kecanggihan teknologi seperti ini, mendapatkan uang bisa dilakukan dengan banyak cara tanpa harus selalu pergi ke kantor. Ya, beberapa tahun terakhir, jumlah orang yang mengundurkan diri dari pekerjaan formal dan bergerak di industri kreatif yang bisa dilakukan sendiri di rumah makin bertambah. Ada banyak kelebihan dari kerja mandiri yang dilakukan di rumah. Pertama, tentu Anda bisa lebih fleksibel mengatur waktu dan tak perlu terikat dengan jam kantor. Ke dua, secara teori Anda tidak punya bos yang harus ditakuti, meski sebagian besar pekerja mandiri juga punya klien yang terhubung secara online. Ke tiga, gaji jadi lebih besar karena tak terpotong uang transport dan makan siang.
Namun di sisi lain, banyak juga hal yang kurang menyenangkan dari Anda yang bekerja di rumah. Mulai dari kemungkinan untuk jadi gila kerja, kurang sosialisasi, hingga merasa kehidupan pribadi dan pekerjaan terlalu campur aduk. Tapi sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memastikan Anda yang bekerja di rumah merasa tetap waras, berikut informasinya:

Beri jeda antara waktu kerja dan jam tidur

Salah satu hal yang menyenangkan dari bekerja di rumah adalah bisa mengatur waktu sendiri. Namun banyak juga orang yang cenderung jadi gila kerja karena bisa memanfaatkan waktu dengan maksimal. Mereka pun banyak yang meneruskan bekerja hingga larut malam dan baru berhenti ketika mata sudah tak bisa terbuka. Kalau rutinitas seperti ini diteruskan, secara mental Anda akan merasa sangat lelah karena seperti tidak memiliki waktu untuk istirahat.
Salah satu cara yang bisa menanggulanginya adalah dengan memberi jeda antara waktu kerja dengan jam tidur. Misalnya jika Anda tidur di jam 10, usahakan di jam 7 malam sudah berhenti bekerja dan melakukan hal lain yang menyenangkan.

Tetaplah mencari rekan kerja

Bekerja sendiri memang enak, Anda yang jadi bos, Anda juga yang jadi sekertaris, dan Anda lagi yang jadi bagian marketing. Terutama untuk yang berjiwa perfeksionis, bekerja sendiri tentu lebih  memuaskan karena semua hal bisa dikontrol dan diatur sendiri. Tapi di sisi lain, lama-lama Anda akan kehilangan dunia luar jika terus berkutat dengan pekerjaan sendirian. Cobalah untuk tetap mencari rekan kerja meski tidak lagi harus berhubungan secara formal.
Untuk Anda yang menulis artikel misalnya, bisa saja minta bantuan salah seorang teman yang hobi fotografi untuk menyediakan ilustrasi gambar bagi artikel Anda. Cara ini akan membuat kemampuan sosialisasi Anda tetap terasah sekaligus bisa menciptakan nuansa profesional dalam pekerjaan Anda.

Buat ruang kerja sendiri

Awalnya, Anda mungkin akan sangat menikmati saat bisa bekerja sambil tiduran di kamar. Tapi percayalah, setelah beberapa bulan Anda akan mulai merasa bosan dan juga berkurang motivasi karena pekerjaan yang penting dilakukan di tempat istirahat. Untuk menjaga profesionalisme dan mencegah Anda mencampurkan kehidupan pribadi dengan pekerjaan, buatlah ruang kerja sendiri di rumah. Tata layaknya sebuah kantor lengkap dengan meja, kursi, dan peralatan yang Anda butuhkan untuk bekerja.
Selalu ada cara untuk mengatasi kebosanan bekerja di rumah. Dan ingat, teruslah berinovasi supaya Anda merasa lebih hidup!
Nino Darmawan

Recent Posts

Cara Mengisi Token Listrik Mudah dan Cepat untuk Pemula!

Di era modern ini, listrik sudah menjadi kebutuhan pokok yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.…

1 day ago

Cara Mengatasi Pemanasan Global, Solusi Lingkungan yang Baik!

Bayangkan bumi di masa depan. Cuaca ekstrem melanda, permukaan laut naik, dan banyak spesies punah.…

1 week ago

Niat Puasa Senin Kamis, Amalan Sunnah Penuh Keutamaan!

Apakah Anda pernah merasakan energi positif yang memancar saat menjalankan niat puasa Senin Kamis? Dalam…

2 weeks ago

Lirik Lagu I Wanna Be Yours – Arctic Monkeys, Perasaan Ingin Memiliki

"I Wanna Be Yours" oleh Arctic Monkeys adalah sebuah lagu yang penuh dengan keintiman dan…

1 month ago

Apa Itu Plot Twist? Cerita Mengejutkan yang Tidak Terduga

Plot twist adalah elemen naratif yang mengejutkan pembaca atau penonton dengan perubahan tiba-tiba dalam alur…

1 month ago

Lirik Lagu Bertaut – Nadin Amizah, Rasa Terima Kasih Kepada Ibu

Lirik lagu Bertaut oleh Nadin Amizah bercerita tentang hubungan yang erat antara anak dan ibunya.…

1 month ago